Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sebutir Telur Sehari Bisa Menjaga Kesehatan Jantung?

Minggu, 07 April 2019 – 22:02 WIB
Sebutir Telur Sehari Bisa Menjaga Kesehatan Jantung? - JPNN.COM
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Telur mungkin merupakan makanan kesayangan semua orang. Selain nikmat dan sehat, telur juga mudah didapat, harganya terjangkau, dan dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Meski demikian, banyak orang justru menghindari telur karena khawatir akan munculnya gangguan kesehatan, mulai dari bisulan hingga kolesterol tinggi. Padahal jika dikonsumsi dengan tepat, telur dapat bermanfaat untuk kesehatan jantung Anda.

Telur kaya nutrisi

Telur merupakan salah satu sumber protein yang murah – hanya sekitar 26 ribu rupiah per kilogram – namun memiliki gizi yang sangat baik. Dengan mengonsumsi sebutir telur rebus, Anda telah memenuhi 6% kebutuhan vitamin A, 5% asam folat, 7% vitamin B5, 9% vitamin B12, 15% vitamin B2, 9% fosfor, dan 22% kebutuhan selenium harian Anda. 

Selain itu, telur memiliki vitamin D, E, K, B6, kalsium, dan zink di dalamnya. Relatif rendah kalori, telur juga mengandung tinggi protein (6 gram) dan 5 gram lemak sehat. Kandungan nutrisi dalam telur tersebut sering kali diperkaya dengan omega-3 pada jenis telur khusus yang dilabeli omega-3.

Lemak di dalam telur

Sebutir telur memang mengandung 5 gram lemak dan 212 mg kolesterol. Meski demikian, jangan keburu takut dan menjauhi telur.

Berdasarkan penelitian, sebanyak 70% orang subjek penelitian tidak mengalami peningkatan kolesterol setelah mengonsumsi telur. Memang 30% dari subjek penelitian tersebut didapati mengalami sedikit peningkatan kolesterol, dimana mereka disebut sebagai kelompok yang lebih “sensitif” terhadap peningkatan kadar kolesterol darah akibat makanan.

Banyak orang justru menghindari telur karena khawatir akan munculnya gangguan kesehatan, mulai dari bisulan hingga kolesterol tinggi.

Sumber klIkdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close