Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Segera Lakukan Pencegahan untuk Menghindari Serangan Jantung

Rabu, 19 Februari 2020 – 14:09 WIB
Segera Lakukan Pencegahan untuk Menghindari Serangan Jantung - JPNN.COM
Unggahan mendiang Ashraf Sinclair saat menjalani terapi Emsclupt. Foto: Instagram

jpnn.com - Penyakit serangan jantung kembali ramai menjadi perhatian pascasuami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair meninggal pada Selasa (18/2) kemarin.

Serangan jantung lebih rentan terjadi pada pria dibandingkan wanita, bahkan di usia muda sekalipun. Menurut dr. Alvin Nur Salim, Sp.PD dari KlikDokter menjelaskan penyebabnya karena kandungan estrogen pada pria jumlahnya sedikit, tidak sebanyak yang ada di dalam tubuh wanita.

Hormon estrogen ini, punya sifat protektif alias bisa melindungi jantung dari segala kondisi berbahaya, termasuk serangan jantung. 

Sedangkan pada usia muda, serangan jantung bisa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat, merokok, kurangnya istirahat, stres, dan juga konsumsi alkohol berlebihan.

Maka dari itu, kini bukan orang lanjut usia saja yang bisa meninggal mendadak karena serangan jantung, orang muda pun sangat berisiko terkena kondisi tersebut.

Segera Lakukan Pencegahan untuk Menghindari Serangan Jantung

Masalah pada jantung pada dasarnya sangat amat bisa dicegah, yakni dengan menjalani pola hidup sehat.

Masih dari penuturan dr. Alvin, menjaga kesehatan jantung cukup dengan makan makanan sehat. Lebih spesifiknya, ikuti pola makan atau diet mediterania yang terbukti baik untuk jantung.

Kondisi ini berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian akibat gagal jantung, terlebih serangan janting bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close