Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sehat tanpa Alat dan Gratis

Senin, 04 Agustus 2014 – 23:06 WIB
Sehat tanpa Alat dan Gratis - JPNN.COM

jpnn.com - Street workout,istilah olahraga tanpa menggunakan peralatan khusus, memang mulai menjamur di Surabaya. Sekumpulan anak muda pencinta olahraga kalistenik itu pun akhirnya membentuk komunitas sendiri. Salah satunya Komunitas Draconian yang kini eksis di dunia olahraga tersebut.

* * *

TAMAN Sulawesi tetap menjadi tempat idaman berbagai komunitas di Surabaya dalam berkumpul dan beraktivitas. Begitu pula yang dirasakan Komunitas Draconian. Mereka adalah sekumpulan pencinta olahraga yang gratis tanpa alat-alat gym.

Aktivitas asyik dan sehat itu mereka lakukan tiap Sabtu dan Minggu. Yang kerap dilakukan adalah pull-up dengan berbagai variasi yang mereka ciptakan sendiri. Misalnya bergelantungan di atas penyangga besi dengan posisi kaki tetap menyentuh tanah. Gerakan yang begitu ringan tersebut diistilahkan Australian pull-up.

Setelah itu, ada front lever yang dipadu dengan gerakan pull-up. Dengan tumpuan tangan di depan perut, mereka bergelantungan dalam posisi badan seperti orang tidur telentang. ”Tumpuannya pada tangan, semua gerakan tubuh terasa. Posisi seimbang,” ujar Victor Agustono, founderKomunitas Draconian.

Sore itu anggota komunitas tersebut memang kompak berkumpul di taman. Mereka tidak hanya menyalurkan hobi berolahraga kalistenik, tetapi sekaligus bersilaturahmi.

Komunitas tersebut memang belum lama dibentuk. Namun, eksistensi mereka di tengah masyarakat cukup dikenal. Kini anggotanya 30-an orang, mulai mahasiswa, pelajar, hingga karyawan. Bahkan, mereka juga mengenalkan olahraga yang populer di negara Eropa tersebut lewat jejaring sosial seperti Instagram. ”Anggota komunitas di Instagram sudah 200-an,” ujarnya.

Victor menyatakan, komunitas tersebut dibentuk karena keinginannya untuk mengajak masyarakat hidup sehat tanpa harus mengeluarkan duit gede. Awalnya, dia lakukan aktivitas kalistenik tersebut bersama sejumlah teman. Lambat laun, banyak anak muda yang ingin bergabung dan mempelajari olahraga itu. Hingga akhirnya, dia membuat wadah dalam bentuk komunitas.

Street workout,istilah olahraga tanpa menggunakan peralatan khusus, memang mulai menjamur di Surabaya. Sekumpulan anak muda pencinta olahraga kalistenik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA