Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Selama Tahun 2020, Ansy Lema Perjuangkan 732 Alat Mesin Pertanian untuk NTT

Sabtu, 02 Januari 2021 – 21:10 WIB
Selama Tahun 2020, Ansy Lema Perjuangkan 732 Alat Mesin Pertanian untuk NTT - JPNN.COM
Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema berhasil memperjuangkan 732 unit alat mesin pertanian (alsintan) untuk mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) selama Tahun 2020.

Berbagai jenis bantuan hasil kerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) itu telah dibagikan kepada para petani di mayoritas Kabupaten di NTT berdasarkan usulan Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL).

“Selama tahun 2020, saya mendatangkan 732 alsintan untuk NTT. Berbagai alsintan tersebut merupakan jawaban langsung atas aspirasi para petani di NTT saat saya turun menjaring aspirasi. Aspirasi tersebut kemudian saya teruskan dalam rapat bersama Kementan. Syukur puji Tuhan, Kementan menanggapi aspirasi tersebut dengan mengirimkan berbagai jenis alsintan kepada para petani di NTT,” ujar politikus muda PDI Perjuangan yang akrab dipanggil Ansy Lema tersebut di Jakarta, Sabtu (2/1/2021).

Dari total 732 unit alsintan, sebanyak 671 unit adalah hasil kerja sama Ansy dengan Direktorat Prasarana dan Sarana (PSP) Kementerian Pertanian. Rincian alsintan dari PSP Kementan sebagai berikut: 2 unit Excavator, 12 unit Traktor Roda Empat, 74 unit Traktor Roda Dua, 20 unit Cultivator, 50 unit Mesin Penyemprot Hama, 510 unit Pompa Air, 2 unit Rota Tanam, dan 1 Traktor Roda Empat Multiguna.

“Sementara itu, saya juga bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan (TP) Kementan untuk mendatangkan alsintan pasca panen. Dari 61 unit alsintan tersebut diantaranya: 20 unit Power Therster, 14 unit Pemupil Jagung, 2 unit Combine Harvester besar, 2 unit Combine Harvester Multi, 2 Unit Combine Harvester Sedang, 1 Unit Combine Harvester Kecil, 5 Unit Power Threster Multiguna, 10 Unit Power Threster Multiguna Mobile, 5 Unit Corn Sheller Mobile,” papar Ansy.

Berbagai bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada para petani di hampir seluruh kabupaten di NTT. Bantuan dibagikan kepada kelompok petani berdasarkan usulan CPCL. Tidak hanya memberikan bantuan kepada petani di Daerah Pemilihan NTT II, Ansy juga mengaku memberikan bantuan sebisa mungkin ke wilayah Dapil I NTT.

“Saya minta maaf bila belum menjangkau semua Saudara-saudaraku kelompok tani. Itu karena, wilayah pertanian di NTT sangat luas. Tetapi kami akan berkomitmen untuk menjangkau sebanyak mungkin kelompok. Kepada kelompok penerima bantuan alsintan, saya berharap agar menggunakan alsintan tersebut sebaik-baiknya. Jaga, rawat, dan cepat perbaiki bila ada tanda-tanda kerusakan,” kata Ansy.

Ansy menjelaskan, berbagai bantuan alsintan tersebut bertujuan mendukung pembangunan pertanian di NTT. Saat ini, teknologisasi pertanian modern berkelanjutan mendorong penggunaan alsintan untuk memudahkan kerja serta menghemat waktu dan tenaga para petani NTT. Itulah alasan Ansy setuju mendorong-memperjuangkan penggunaan alsintan pra maupun pasca panen.