Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Senator Tamsil Linrung Ingin Perkuat Otonomi Daerah

Selasa, 01 Oktober 2024 – 20:13 WIB
Senator Tamsil Linrung Ingin Perkuat Otonomi Daerah - JPNN.COM
Senator asal Sulawesi Selatan Tamsil Linrung (kiri) bersalaman dengan Menkumham Supratman Andi Agtas (kanan). Tamsil menyatakan ingin memperkuat otonomi daerah setelah melihat adanya fenomena pelemahan daerah. Foto: Supplied for JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Tamsil Linrung kembali dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) bersama 151 senator lainnya.

Pelantikan dihadiri Presiden Joko Widodo, presiden terpilih hasil Pemilu 2024 Prabowo Subianto dan sejumlah undangan lainnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Setelah pelantikan, Tamsil menyatakan kesiapannya mengemban kembali amanah masyarakat Sulawesi Selatan berjuang lewat DPD RI mewujudkan 'politik kemanusiaan' yang menjadi mottonya selama ini.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat Sulawesi Selatan yang telah memilih saya kembali hingga akhirnya bisa melenggang ke DPD untuk kedua kalinya, periode 2024-2029," ujar Tamsil.

Menurut Tamsil sudah waktunya DPD menjadi lembaga yang memiliki integritas, lebih berdaya dari segi fungsi dan kewenangan, bukan sekadar lembaga pelengkap saja.

"Sejak pertama maju menjadi anggota DPD saya ingin menjadikan DPD lembaga yang lebih berdaya. Saya ingin DPD mempunyai peran yang jelas dalam mengawal pelaksanaan otonomi daerah, memajukan pembangunan daerah dan menyejahterakan ekonomi masyarakat di daerah," ucapnya.

Tamsil kini memiliki sejumlah program yang ingin diperjuangkan. Secara garis besar ada tiga program yang akan dilanjutkan dari periode sebelumnya yang juga menjadi prioritas. Yakni, penguatan otonomi daerah, memajukan daerah dan menyejahterakan masyarakat di daerah.

Pertama, penguatan otonomi daerah. Tamsil menilai perlu dikawal melihat fenomena pelemahan otonomi daerah belakangan ini dengan banyaknya kewenangan daerah diambil alih oleh pusat setelah terbitnya UU Cipta Kerja.

Senator asal Sulawesi Selatan Tamsil Linrung ingin memperkuat otonomi daerah setelah melihat fenomena pelemahan daerah belakangan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA