Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sentilan Inas untuk BEM: Dikritik Balik Seringnya Naik Darah dan Turun ke Jalan

Jumat, 02 Juli 2021 – 10:44 WIB
Sentilan Inas untuk BEM: Dikritik Balik Seringnya Naik Darah dan Turun ke Jalan - JPNN.COM
Ilustrasi - Massa yang tergabung dalam BEM SI berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Jumat (16/10). Foto: Ricardo/JPNN/com

jpnn.com, JAKARTA - Politikus Hanura Inas Nasrullah Zubir menyentil Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari sejumlah perguruan tinggi yang terkesan reaktif ketika BEM UI dikritik balik atas unggahan Jokowi: The King of Lip Service.

"BEM lebih membawa emosional ketimbang intelektual. Jadi, tidak heran apabila dikritik balik atau dibantah kemudian seringnya mereka naik darah dan turun ke jalan tanpa memberi solusi," ucap Inas melalui pesan elektronik kepada JPNN.com, Jumat (2/7).

Melalui pesan itu, wakil ketua Dewan Penasihat DPP Hanura itu mengatakan bahwa BEM perlu diutak-atik agar mampu mengkritik dan siap dikritik.

Dia lantas menerangkan bahwa kritik memiliki arti kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat, dan sebagainya.

Artinya, kata Inas, Kritik seharusnya bertujuan untuk mengevaluasi sebuah karya atau atau kerja dengan menghadirkan data, fakta dan analisa.

Namun, yang sering terjadi menurut adalah kritik hanya sekadar kecaman atau celaan terhadap suatu tindakan atau keadaan yang dianggap menyimpang serta tidak benar menurut perspektif yang mengkritik.

"Malahan, yang terjadi di era sosial media ini kritik dijadikan alat untuk membangun opini pada suatu tema atau topik dengan tujuan pencitraan belaka," ucap politikus berdarah Minang itu.

Selain itu, lanjut Inas, apabila gemar mengkritik seperti yang sering dilakukan oleh BEM kepada Presiden Jokowi, maka BEM juga harus siap dikritik oleh orang-orang yang berbeda perspektif dan tidak sepemahaman.

Inas Nasrullah Zubir melontarkan sindiran menohok kepada BEM yang terkesan tak terima dikritik balik pascaaksi BEM UI kritik jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close