Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seperti Ini Cara Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Daerah

Rabu, 02 Desember 2020 – 08:05 WIB
Seperti Ini Cara Vaksin Covid-19 Didistribusikan ke Daerah - JPNN.COM
dr. Reisa Broto Asmoro (Jubir Satgas COVID-19) dan dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH (Pakar Imunisasi) memberikan keterangan pers mengenai rantai distribusi vaksin di Jakarta, Senin, 30 November 2020.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah menjamin kesiapan infrastruktur distribusi vaksin COVID-19 ke daerah setelah vaksin tersebut tersedia.

Indonesia sendiri telah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam hal manajemen distribusi vaksin.

Lantas bagaimana alur distribusi vaksin dikirim ke daerah hingga siap disuntikkan kepada masyarakat di Puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya?

Pakar imunisasi dr. Elizabeth Jane Soepardi menjelaskan, proses distribusi vaksin memang cukup panjang, namun tidak sulit dilakukan di Indonesia.

Proses distribusi diawali dengan kesiapan produk vaksin yang digawangi PT Bio Farma. Perusahaan pelat merah ini juga bertugas memproduksi vaksin COVID-19 secara bertahap jika vaksin sudah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Dari mana pun vaksinnya, nanti akan melalui Bio Farma. Mereka sudah memiliki armadanya untuk penerima vaksin dan mendistribusikannya. Jadi kita sudah punya depo-depo vaksin," kata Elizabeth.

Hal itu disampaikannya dalam keterangan pers bersama Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Senin (30/11).

Berikutnya, PT Bio Farma bertugas untuk mendistribusikan produk vaksin dengan armada khusus yang mampu menjaga suhu ideal bagi vaksin dengan temperatur 2-8 derajat celcius.

Indonesia telah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam hal manajemen distribusi vaksin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close