Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Seperti ini Pola Makan Sehat untuk Penderita Penyakit Autoimun

Sabtu, 23 November 2019 – 05:09 WIB
Seperti ini Pola Makan Sehat untuk Penderita Penyakit Autoimun - JPNN.COM
Sarapan. Ilustrasi. Foto Trafoz

jpnn.com - Penyakit autoimun merupakan sebuah kondisi kesehatan ketika sistem daya tahan tubuh menyerang sel, jaringan, atau organ tubuh diri sendiri. Kondisi ini tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, mengatur pola makan sehat untuk penderita penyakit autoimun bisa dilakukan untuk mengurangi gejala dan kekambuhan.

Adapun beberapa jenis penyakit autoimun yang cukup sering ditemui adalah lupus eritematosus sistemik (SLE), diabetes tipe 1, rheumatoid arthritis (RA), psoriasis, penyakit celiac, inflammatory bowel disease (IBD), dan multiple sclerosis.

Tak sedikit mereka yang terdiagnosis penyakit autoimun merasa patah semangat untuk sembuh. Selain karena belum dapat disembuhkan secara total, pemberian obat-obatan pada penderita hanya bersifat membantu mengurangi gejala.

Meski begitu, para penderita autoimun jangan menyerah dulu. Dengan mengatur pola makan, penyakit autoimun yang Anda alami bisa diturunkan faktor risikonya dan bisa dikurangi gejalanya. 

Makanan sehat untuk penderita autoimun

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, menentukan makanan sehat dan aman untuk penderita autoimun sebenarnya tergantung pada jenis penyakit autoimun yang diidap. Misalnya, apabila Anda menderita penyakit celiac, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bebas dari gluten.

Gluten adalah kandungan protein yang ditemukan pada makanan terutama pada gandum, gandum hitam, barley, maupun makanan lainnya yang sudah diolah, seperti roti dan piza. 

“Saat penderita celiac mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem daya tahan tubuhnya akan menyerang usus halus,” ujar dr. Sepriani. 

Penyakit autoimun sejauh ini tidak bisa disembuhkan. Meski begitu, mengatur pola makan sehat untuk penderita penyakit autoimun bisa dilakukan untuk mengurangi gejala dan kekambuhan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close