Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Serukan Swasembada Pangan, Mentan Mengajak Petani dan Penyuluh DIY Tingkatkan Produktivitas

Rabu, 24 Januari 2024 – 18:07 WIB
Serukan Swasembada Pangan, Mentan Mengajak Petani dan Penyuluh DIY Tingkatkan Produktivitas - JPNN.COM
Mentan Andi Amran Sulaiman. Foto: dokkementan

jpnn.com - BANTUL - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong para petani di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya Kabupaten Bantul, segera mempercepat masa tanam pada Januari 2024.

Mentan menyampaikan hal tersebut saat menghadiri Pembinaan Penyuluh Pertanian di GOR Sultan Agung, Kabupaten Bantul, DIY, Rabu (24/1).

Sebelumnya Mentan Amran berkesempatan melakukan pertanaman di lokasi tanam padi IP 400 bersama Kelompok Tani Barokah, Desa Blawong Trimulyo, Jetis Bantul, DIY.

Menurut Mentan Amran, percepatan tanam harus dilakukan mengingat saat ini hampir semua daerah di Indonesia sudah mulai turun hujan.

"Alhamdulillah sudah turun hujan dan saya sudah dua kali menjabat Mentan, dan berhasil mencapai swasembada. Target sekarang bukan lagi sekadar swasembada, tetapi mimpi besarnya adalah menjadi eksportir dan pengendali pangan dunia," tutur Amran.

"Saat ini yang dikejar ialah jangan sampai terjadi kekurangan pangan, kejar produktivitas dulu," ujar Mentan Amran.

Kondisi yang terjadi sekarang di belahan dunia ada sekitar sepuluh negara yang kelaparan dan Indonesia rentan kelaparan.

"Maka usaha yang harus segera dilakukan akselerasi percepatan tanam. Kami juga sudah keliling untuk memastikan apakah sudah tanam atau belum," imbuh Mentan.

Mentan juga mengingatkan bahwa pertanian bukan untuk diperdebatkan, tetapi diperjuangkan sehingga menghasilkan dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close