Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Setelah Picu Krisis Pangan, Rusia Kirim Biji-bijian Gratis kepada Sekutunya di Afrika

Senin, 04 September 2023 – 06:30 WIB
Setelah Picu Krisis Pangan, Rusia Kirim Biji-bijian Gratis kepada Sekutunya di Afrika - JPNN.COM
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

jpnn.com, MOSKOW - Rusia terang-terangan memanfaatkan bahan pangan untuk kepentingan politik luar negerinya sendiri.

Setelah membunuh ekspor biji-bijian Ukraina dengan menarik diri dari Perjanjian Laut Hitam, Moskow kini membagi-bagikan bahan pangan produksi Rusia secara gratis kepada sekutu-sekutunya di Afrika.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada Jumat (1/9) bahwa pengiriman biji-bijian Rusia ke enam negara Afrika sudah dimulai.

Burkina Faso, Republik Afrika Tengah, Eritrea, Mali, Somalia, dan Zimbabwe masing-masing akan mendapatkan 50.000 ton biji-bijian secara gratis dalam beberapa bulan mendatang, katanya dalam sebuah acara di Moskow.

Rusia juga akan menanggung biaya pengiriman, lanjutnya.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya telah menjanjikan akan memasok biji-bijian secara gratis ke Afrika setelah Moskow memutuskan menarik diri dari kesepakatan biji-bijian Laut Hitam pada Juli lalu.

Moskow menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian tersebut karena ada beberapa tuntutan mereka yang hingga kini belum terpenuhi, yaitu menghapuskan hambatan ekspor pupuk Rusia dan mengembalikan bank pertanian Rusia ke dalam sistem pembayaran internasional SWIFT.

Akibat langkah Rusia ini, negara-negara yang bergantung kepada Ukraina untuk pasokan biji-bijian kini mengalami kekurangan.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada Jumat (1/9) bahwa pengiriman biji-bijian Rusia ke enam negara Afrika sudah dimulai.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close