Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sikap 8 Parpol Dukung Proporsional Terbuka Bukan Pernyataan Main-Main

Jumat, 13 Januari 2023 – 14:42 WIB
Sikap 8 Parpol Dukung Proporsional Terbuka Bukan Pernyataan Main-Main - JPNN.COM
8 parpol dukung sistem proporsional terbuka. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan sikap delapan partai di parlemen agar sistem proporsional terbuka tetap berlaku di Indonesia, bukan pernyataan bercanda. 

"Kedelapan fraksi itu tidak sedang bermain-main. Tidak bercanda. Ya, itu sangat serius," ujar Saleh melalui layanan pesan, Jumat (13/1). 

Legislator Daerah Pemilihan II Sumatra Utara itu melanjutkan delapan fraksi di DPR menginginkan adanya kedaulatan rakyat sehingga menginginkan proporsional terbuka tetap berlaku saat Pemilu 2024.

"Sistem proporsional terbuka dinilai lebih representatif, aspiratif, akomodatif, dan diterima hampir semua kalangan," lanjut Saleh. 

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu pun tidak terima jika sikap delapan fraksi menginginkan proporsional terbuka dianggap pernyataan bercanda. 

Namun, Saleh tidak mau memusingkan pernyataan tersebut karena menjadi hak menyampaikan pendapat. 

"Kan, harus ada diskusi dan diskursus di ruang publik dan itu adalah contoh partisipasi. Setiap pihak boleh menyampaikan pendapat," ungkap dia. 

Saleh mengatakan delapan fraksi menyadari bahwa soal berlaku atau tidaknya sistem proporsional terbuka akan dikembalikan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) 

Politikus PAN Saleh Partaonan Daulay menyebut sikap delapan partai parlemen atau fraksi yang menginginkan proporsional terbuka bukan pernyataan bercanda. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close