Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Simak, Harapan Azis pada Momentum Peringatan Hari HAM Sedunia

Kamis, 10 Desember 2020 – 14:18 WIB
Simak, Harapan Azis pada Momentum Peringatan Hari HAM Sedunia - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung pemerintah yang terus mendorong penghormatan terhadap perlindungan dan penegakan hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Menurutnya, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memperluas akses publik terhadap keadilan melalui revisi KUHP dengan mengedepankan prinsip restorative justice.

Selain itu, kata dia, juga memperkenalkan sistem pidana alternatif berupa hukuman kerja sosial dan pengawasan serta revisi UU Narkotika terkait penyembuhan secara medis dan sosial.

Azis mengatakan ini dalam momen memperingati hari HAM se-Dunia ke-72 Tahun yang mengangkat tema "Recover Better-Stand Up for Human Rights".

Menurutnya, dari tema ini diharapkan mulai tumbuh kepedulian terhadap HAM, seperti yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Hal itu diwujudkan dengan memperhatikan Penghormatan, Perlindungan, Pemajuan, Penegakan, dan Pemenuhan HAM (P5 HAM) agar segera pulih dari krisis yang ada.

"Krisis pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan naiknya kemiskinan, ketidaksetaraan, krisis ekonomi, diskriminasi, dan kesenjangan lainnya," kata Azis, Kamis (10/12).

Azis juga mendorong penghormatan dan penegakan HAM dari tingkat pusat hingga daerah.

Azis Syamsuddin mendorong penghormatan terhadap HAM mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close