Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Asap, Gubernur Kalsel Apresiasi Kesigapan Kementan

Rabu, 07 Agustus 2019 – 15:05 WIB
Soal Asap, Gubernur Kalsel Apresiasi Kesigapan Kementan - JPNN.COM
Kebakaran hutan. Foto: Kementan

jpnn.com - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengapresiasi besarnya kontribusi Kementerian Pertanian dalam menanggulangi asap kebakaran lahan di musim kemarau. Kata dia, kontribusi itu di antaranya melakukan pembangunan infrastruktur penampung air serta menghijaukan area kering dengan perkebunan.

"Saya cuma mau kasih contoh satu saja, yaitu di Kementerian Pertanian. Jadi pada saat musim hujan, mereka langsung sigap dengan menurunkan berbagai kegiatan. Saya kira itu sudah merupakan bagian dari pencegahan," ujar Sahbirin dalam rapat pencegahan asap bersama Presiden Joko Widodo, Rabu (7/8).

Sahbirin mengatakan pencegahan semacam itu hendaknya mendapat apresiasi dari semua pihak. Terlebih persoalan asap adalah persoalan urgensi yang mendapat perhatian langsung dari Presiden Jokowi. "Kami tahu bahwa setiap musim kemarau persoalanya selalu asap. Harusnya kita malu dengan sebutan bangsa yang diwariskan sebagai bangsa pejuang, kalau persoalan asap tidak bisa kita hadapi. Kenapa? karena setiap musim kemarau kita tahu pasti kebakaran. Setiap musim hujan pasti banjir. Maka logikanya sudah disampaikan pak Presiden tadi, harusnya kita melakukan pencegahan baik musim kemarau maupun musim penghujan," katanya.

BACA JUGA: Lepas Ekspor 10,5 Juta Ton, Mentan Amran Bicara Revolusi Mental Tanpa Pungli

Di Kalimantan Selatan sendiri, lanjut Sahbirin, pihaknya sebagai contoh, dengan program Kementerian Pertanian sudah melakukan berbagai kegiatan yang bisa dikategorikan pencegahan kebakaran lahan seperti normalisasi saluran air, pendalaman, pembesaran dan bahkan pembangunan saluran. Selain itu, pihaknya juga melakukan pencegahan dengan menanam area kering dengan penghijauan.

"Di Kalimantan Selatan, mulai dari sungai yang dangkal kita dalami. Sungai yang sempit kita Besari. Kemudian tidak ada sungai kita bikin sungai, sehingga disaat musim hujan mampu menanggulangi. Kemudian Alhamdullilah sampai saat ini bandara Syamsudin Noor juga belum mengalami asap seperti yang dikatakan bapak Presiden," katanya.

BACA JUGA: Mentan Amran Lepas Ekspor Produk Pertanian Senilai Rp 1,1 Triliun

Menanggapi hal ini, Presiden RI Joko Widodo mengapresiasi kerja keras Gubernur Kalimantan Selatan yang menerapkan konsep penghijauan di lahan kering dan rawan kebakaran. "Memang harus seperti itu. Saya mengapresiasi Kalsel yang membuat penghijauan. Saya kira Kalsel adalah salah satu provinsi terbaik di Indonesia," katanya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengapresiasi besarnya kontribusi Kementerian Pertanian dalam menanggulangi asap kebakaran lahan di musim kemarau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close