Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Presiden Selanjutnya Tetap Ada Di Tangan Rakyat, Bukan Milik Jokowi

Kamis, 18 Mei 2023 – 12:00 WIB
Soal Presiden Selanjutnya Tetap Ada Di Tangan Rakyat, Bukan Milik Jokowi - JPNN.COM
CEO dan Founder Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyatakan kedaulatan soal presiden selanjutnya tetap berada di tangan rakyat bukan Jokowi. Dok: Tim media Ganjar Pranowo.

jpnn.com, JAKARTA - CEO dan Founder Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyatakan hari ini masyarakat Indonesia sedang dipertontonkan drama politik yang sedang dimainkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dia menjelaskan satu langkah sudah dimenangkan meski melalui jalan terjal dan berliku yakni, PDI Perjuangan akhirnya secara resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden. 

"Langkah berikutnya, Jokowi ingin memastikan calon wakil presiden yang berpasangan dengan Ganjar adalah orang yang tepat sesuai dengan yang diinginkan," kata Pangi dalam keterangannya, Kamis (18/5).

Dia menilai relawan pro Jokowi ialah senjata paling ampuh yang kembali digerakkan memalui serangkaian acara bertajuk Musyawarah Rakyat (Musra).

"Musra sepertinya sudah dijadikan sebagai daya tawar oleh Jokowi untuk bernegosiasi dengan partai politik terutama dengan PDIP untuk memuluskan langkahnya dan sejauh ini telah terbukti cukup ampuh," lanjutnya.

Menurut Pangi, setidaknya tiga pesan yang ingin disampaikan oleh Presiden Jokowi melalui Musra tersebut.

Pertama ialah pesan kepada internal relawan untuk bahu membahu melakukan penguatan soliditas relawan.

"Kedua, pesan kepada partai politik untuk mendengarkan suara relawan, suara relawan harus diperhitungkan. Ketiga, selain dukungan partai politik, Jokowi masih punya dukungan jejaring yang kuat di akar rumput melalui simpul-simpul relawan," tuturnya.

CEO dan Founder Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyatakan kedaulatan soal presiden selanjutnya tetap berada di tangan rakyat bukan Jokowi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close