Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Sosialisasikan Pilar Bangsa, MPR Wayangan di Bandung

Kamis, 18 November 2010 – 18:25 WIB
Sosialisasikan Pilar Bangsa, MPR Wayangan di Bandung - JPNN.COM
JAKARTA - Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari, direncanakan akan menghadiri pagelaran Wayang Golek "Astina Binangun" di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Jumat (19/11), yang dimulai pukul 19.30 WIB. Acara tersebut, sebagaimana yang diungkap oleh Hajriyanto, merupakan salah satu cara mensosialisasikan empat pilar bangsa, masing-masing yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika.

"Metode sosialisasi pemasyarakatan empat pilar bangsa melalui media kesenian tradisional seperti wayang, ternyata jauh lebih komunikatif. Karena itu, setelah menggelar acara serupa di Gedung MPR, Sabtu (13/11) lalu, maka Jumat ini acara yang sama juga digelar di Kota Bandung," ujar Hajriyanto di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/11).

Selain digunakannya media kesenian tradisional sebagai alat sosialisasi, pertunjukan itu sekaligus disebut bertujuan untuk lebih mempertahankan dan melestarikan kesenian wayang yang sarat dengan berbagai filosofi kehidupan. "Jadi, ada dua misi sekaligus. Sosialisasi empat pilar, dan mempertahankan serta melestarikan kesenian tradisional," ungkap Hajriyanto pula.

Pentingnya pemasyarakatan empat pilar itu sendiri, lanjut Hajriyanto, tidak terlepas dari realita kehidupan di negara saat ini, yang sering mengabaikan Pancasila, UUD 1945, serta (konsep) NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.