Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sowan ke Nyai Sinta Nuriyah, Ganjar Kenang Sosok Gus Dur

Minggu, 13 Agustus 2023 – 21:13 WIB
Sowan ke Nyai Sinta Nuriyah, Ganjar Kenang Sosok Gus Dur - JPNN.COM
Bakal Capres 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sowan ke istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bakal Capres 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sowan ke istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta Selatan, Minggu (13/8).

Ganjar saat pertemuan dengan Sinta mengaku menjadikan sosok Gus Dur sebagai inspirasi dalam bernegara.

"Terkait hukum, seperti diceritakan Gus Dur dalam tulisannya, hukum positif yang berlaku di Indonesia telah mengakomodasi aspek penting dalam hukum Islam atau syariat di dalamnya, yaitu ketahanan (deterrence)," kata Ganjar.

Menurutnya, hukum positif ke depan perlu adil dan bisa ditegakkan tanpa pandang bulu seperti yang dicita-citakan Gus Dur dan Wahid Hasyim.

"Bukan tumpul ke bawah dan tajam ke atas, kemudian menjadi kunci keberhasilan negara atas rakyatnya. Dalam hal ini, adalah mewujudkan baldatun thoyibatun wa rabun ghofur," lanjutnya.

Ganjar juga mengaku belajar dari Gus Dur dan Wahid Hasyim untuk menerima Pancasila sebagai azas tunggal.

"Dengan begitu, kata Gus Dur, perjuangan-perjuangan memakmurkan dan memajukan Indonesia seperti amanat dalam lima sila Pancasila bisa diwujudkan. Khususnya terkait mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia," kata Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah itu juga mengaku sempat tidak memahami maqashidu syar’iah atau maksud-maksud hukum Islam. 

Bakal Capres 2024 dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sowan ke istri Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close