Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Stok Darah RSPAD Menipis, Jenderal Andika Langsung Perintahkan Ini

Rabu, 24 Juni 2020 – 20:41 WIB
Stok Darah RSPAD Menipis, Jenderal Andika Langsung Perintahkan Ini - JPNN.COM
Kegiatan donor darah di Mabes AD, Jakarta. Foto: Dok. YouTube Mabes AD

jpnn.com, JAKARTA - Selama masa pandemi virus Corona stok darah yang ada di RSPAD Gatot Soebroto menipis.

Atas hal itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengerahkan prajurit di Mabes AD untuk turut dalam kegiatan donor darah.

Hal ini disampaikan Andika dalam telekonference berkala dengan RSPAD. KSAD meminta laporan mengenai ketersediaan stok darah di RSPAD.

“Setiap Senin, Rabu, dan Jumat, KSAD selalu menanyakan stok darah di RSPAD. Kami sampaikan Senin lalu, stok darah di RSPAD menipis, sehingga KSAD memberikan arahan untuk melakukan donor darah,” ujar Martina Lily Yana selaku Kasubinstal Patologi Klinik RSPAD, Rabu (24/6).

Lily menambahkan, ketersediaan darah di RSPAD menipis di masa pandemi COVID-19, karena sudah jarang mendapatkan pendonor yang datang langsung ke RSPAD. Sehingga, tim RSPAD harus aktif mencari pendonor.

Untuk menjadi seorang pendonor, ada beberapa persyaratan yang mesti dipenuhi, yakni tensi darah harus normal, tidak tinggi atau rendah. Kadar HB 12,5 hingga 17.

Lalu, tidak dalam keadaan demam dan tidak ada penyakit bawaan atau comorbid. Dia juga berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap tiga bulan sekali, tak hanya di Mabes AD, namun juga di satuan lainnya.

Tak hanya para prajurit di Mabes AD, Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana beserta jajaran juga turut dalam kegiatan donor darah.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengerahkan prajurit di Mabes AD untuk turut dalam kegiatan donor darah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close