Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei SPIN: Elektabilitas PSI dan Gelora Naik Jelang Pencoblosan Pemilu 2024

Jumat, 02 Februari 2024 – 23:26 WIB
Survei SPIN: Elektabilitas PSI dan Gelora Naik Jelang Pencoblosan Pemilu 2024 - JPNN.COM
Direktur Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan hasil survei yang dilakukan pihaknya. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur eksekutif Survey and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyampaikan hasil temuan atas survei yang dilakukan lembaganya itu. Salah satunya adalah bagaimana memotret peluang partai-partai politik dalam kontestasi Pemilu 2024.

Dari hasil temuannya, ada beberapa partai non-parlemen yang cenderung berpeluang besar masuk ke Senayan, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

"Selain PSI ada Partai Gelora juga mendapatkan apresiasi yang cukup tinggi sehingga berkesempatan untuk lolos ke Senayan," kata Igor dalam rilis surveinya secara daring, Jumat (2/2).

Ia menyebut bahwa elektabilitas dua partai tersebut naik karena dampak Capres-Cawapres yang mereka dukung. Di mana keduanya mendukung paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Alasan utama publik memilih partai politik mayoritas beralasan karena Capres yang diusung oleh partai tersebut," ujarnya.

Memang bukan hanya PSI dan Gelora yang mendapatkan coattail effect dari dukungan politik ke Capres, sebab hampir semua partai politik yang mendukung capres-cawapres mendapatkan dampak tersebut, bahkan termasuk Gerindra yang mendapatkan skor tertinggi.

"Ada pola kecenderungan diffused coattail effect dimana tampak misalnya partai-partai yang berkumpul dalam koalisi Prabowo-Gibran terdampak elektabilitasnya akibat mendukung Capres Prabowo," terangnya.

"Di samping Gerindra, tampak jelas terlihat PSI dan Gelora," sambung Igor.

ada beberapa partai non-parlemen yang cenderung berpeluang besar masuk ke Senayan, yakni PSI dan Partai Gelora

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close