Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,4 Persen, Pilpres Satu Putaran Makin Pasti

Sabtu, 10 Februari 2024 – 18:40 WIB
Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo-Gibran 51,4 Persen, Pilpres Satu Putaran Makin Pasti - JPNN.COM
Paslon Capres dan Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Timur Barat Research Center (TBRC) kembali mengadakan jajak pendapat untuk mengukur keterpilihan capres-cawapres pada Pilpres 2024.

Adapun survei dilakukan sejak 27 Januari hingga 6 Februari dilakukan di 480 kabupaten/kota di Indonesia dengan mengambil responden sebanyak 2.200 WNI yang terdaftar dalam DPT dengan metode multistage random sampling.

Survei tersebut memiliki margin of error 2,05 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif TBRC Johanes Romeo mengatakan pada pertanyaan terbuka atau ketika semua responden ditanyakan pasangan mana yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini maka Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dipilih sebanyak 42,6 persen.

"Lalu disusul oleh pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 28,1 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 17,4 persen, serta yang tidak menjawab sebanyak 11,9 persen," kata Johanes Sabtu (8/2/2024) ," kata Johanes dalam siaran persnya, Sabtu (10/2).

Sementara dengan menggunakan pertanyaan tertutup menggunakan kuesioner dengan memberikan pertanyaan yang sama, maka hasil tabulasi dari hasil jawaban 2.200 responden, pasangan Prabowo-Gibran dipilih sebanyak 51,4 persen dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dipilih sebanyak 29,1 persen serta Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 18,2 persen.

"Sedangkan yang tidak memilih sebanyak 1,3 persen," kata Johanes.

Sementara dari temuan survei didapati bahwa tingginya tingkat elektabilitas Prabowo-Gibran karena mayoritas pemilih dipengaruhi oleh gerakan politik dari Jokowi selama berlangsungnya masa kampanye.

Hasil survei terbaru dari TBRC memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 51,4 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close