Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Takut Kolesterol Naik Saat Lebaran? Ini 10 Bahan Makanan Pengganti Santan

Kamis, 13 Mei 2021 – 04:33 WIB
Takut Kolesterol Naik Saat Lebaran? Ini 10 Bahan Makanan Pengganti Santan - JPNN.COM
Susu kedelai. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Hari raya Idulfitri identik dengan kegiatan makan bersama keluarga. Hidangan yang wajib ada saat Lebaran adalah opor ayam dan rendang.

Bila ada yang menolak, pasti orang tersebut memiliki pantangan makan santan atau bermasalah dengan kadar kolesterol tinggi.

Terlalu banyak makan santan juga bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti kolesterol tinggi atau perut kembung. 

Nah, agar setiap orang bisa makan opor ayam atau rendang, Anda bisa menggunakan bahan lain pengganti santan yang lebih sehat. Berikut pilihannya:

1. Susu Kacang Mete 

Melansir Healthline, susu kacang mete memiliki tekstur yang halus dan lebih lembut daripada susu kacang-kacangan lainnya. Bahkan, konsistensi susu kacang mete mirip susu sapi.

Susu kacang mete memiliki kalori dan protein yang rendah. Akan tetapi, kandungan lemak dari susu kacang ini cukup banyak.

Selain itu, Anda bisa menggunakan krim kacang mete yang memiliki kandungan lemak lebih tinggi dan halus seperti santan.

2. Susu Gandum

Susu gandum bisa dijadikan pilihan pengganti santan yang sehat. Susu gandum memiliki kandungan lemak dalam jumlah sedang. Secara alami, susu ini juga mengandung zat beta glucan, yakni serat yang memberikan efek busa pada beberapa minuman seperti kopi.

Hari raya Idulfitri identik dengan kegiatan makan bersama keluarga. Hidangan yang wajib ada saat Lebaran adalah opor ayam dan rendang.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close