Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Target Produksi Minyak 1 Juta BPH Tak Realistis

2025, Produksi Minyak Diperkirakan Tinggal 250 Ribu Barel Per Hari

Rabu, 19 November 2008 – 18:10 WIB
Target Produksi Minyak 1 Juta BPH Tak Realistis - JPNN.COM
JAKARTA - Sektor minyak nasional diprediksi menghadapi tantangan berat. Target jangka panjang pemerintah untuk mempertahankan produksi minyak sebesar 1 juta barel per hari (BPH) pada 2025 dinilai tidak realistis.

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Petroleum Association (IPA) Suyitno Padmosukismo, dengan memperhitungkan laju penurunan produksi alamiah (natural declining rate) di kisaran 11 persen per tahun, angka produksi minyak nasional pada 2025 bakal anjlok hingga tinggal 250 ribu BPH.  ''Ini harus betul-betul dicamkan,'' ujarnya dalam Rakornas Kadin Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jakarta, Selasa (18/11).

Suyitno menilai, pemerintah harus realistis dalam menyusun roadmap migas. Berdasar exercise yang dibuat IPA, untuk mencapai target 1 juta BPH pada 2025, industri minyak nasional harus mengebor 100-150 sumur percobaan (new field wildcats atau NFW). Itu didasarkan asumsi bahwa 1 NFW menghasilkan tambahan cadangan minyak 2 juta barel. ''Ini angka yang sangat tinggi. Apa mampu?'' katanya.

Selama ini, tutur dia, rata-rata jumlah pengeboran NWF di Indonesia tidak lebih dari sekitar 90-95 pengeboran sumur NFW per tahun.

JAKARTA - Sektor minyak nasional diprediksi menghadapi tantangan berat. Target jangka panjang pemerintah untuk mempertahankan produksi minyak sebesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close