Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tatalogam Group, BMZ & Habitat Humanity Indonesia Gelar Pelatihan SKK Bidang Konstruksi

Jumat, 22 September 2023 – 22:43 WIB
Tatalogam Group, BMZ & Habitat Humanity Indonesia Gelar Pelatihan SKK Bidang Konstruksi - JPNN.COM
German Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ), PT Tatalogam Lestari, PT Tata Metal Lestar dan Habitat Humanity Indonesia menggelar pelatihan Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK) di bidang konstruksi, untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Banten. Foto dok Tatalogam

jpnn.com, BANTEN - German Federal Ministry for Economic Cooperation and Development (BMZ), PT Tatalogam Lestari, PT Tata Metal Lestar dan Habitat Humanity Indonesia menggelar pelatihan Sertifikasi Kompetensi Kerja (SKK) di bidang konstruksi, untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Provinsi Banten.

Program yang berlangsung mulai 20-30 September 2023 ini melibatkan Pemerintah Kabupaten dan Kota Tangerang, Banten serta lima perusahaan swatsa di sektor pengadaan bahan bangunan, termasuk Tatalogam Group, sebagai produsen rangka dan atap baja ringan terbesar di Indonesia.

Program Development Specialist Habitat Humanity Indonesia, Yudha Winarno menilai ada dua hal yang mendasar sehingga program ini penting dilakukan.

Pertama karena masih banyak rumah-rumah di Indonesia yang dibangun tidak sesuai dengan standart building code atau standar bangunan layak huni, baik secara konstruksi maupun juga secara aspek sosial.

“Dan ketika ada bencana banyak korban meninggal sebenarnya bukan hanya karena akibat gempa misalnya, tapi justru karena rumah yang tidak layak huni itu secara struktur rentan dan mudah roboh sehingga itu membuat korban bertambah. Ini penting karena mandat Habitat selain sebagai sebuah organisasi nonprofit yang ingin memberikan bantuan rumah layak huni dan fasilitas dasar seperti toilet dan akses air bersih, kita juga concern untuk melakukan respon kebencanaan,” terang Yudha.

Yudha menambahkan, kegiatan ini digelar untuk mendukung program pemerintah yang mewajibkan bahwa tukang-tukang itu harus memiliki standar kompetensi kerja, dalam hal ini dibuktikan dengan adanya SKK atau Sertifikat Kompetensi Kerja.

Langkah ini juga merupakan bagian dari upaya bersama dalam pengentasan masyarakat miskin di Provinsi Banten yang menurut hasil studi kelayakan mereka masih tinggi tingkat pengangguran dan angka kemiskinannya.

Yudha optimistis, dengan kehadiran pihak swasta seperti Tatalogam Group bisa memberikan kontribusi terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan pengadaan hunian layak sebagai bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Dengan kehadiran pihak swasta seperti Tatalogam Group bisa memberikan kontribusi terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan pengadaan hunian layak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close