Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tegang, DPRD Tidak Mengusulkan Nama Calon Pj Gubernur Sulsel

Rabu, 09 Agustus 2023 – 09:46 WIB
Tegang, DPRD Tidak Mengusulkan Nama Calon Pj Gubernur Sulsel - JPNN.COM
Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar, calon kuat Pj Gubernur Sulsel. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com - MAKASSAR - DPRD Provinsi Sulawesi Selatan memutuskan tidak mengusulkan nama calon Pejabat (Pj) Gubernur Sulsel kepada Mendagri Tito Karnavian.

Batalnya DPRD mengusulkan 3 nama calon Pj Gubernur Sulsel disebabkan rapat paripurna pengambilan keputusan tentang nama-nama calon Pj Gubernur yang akan diusulkan tidak memenuhi kuorum.

Dari anggota dewan sebanyak 85 orang, yang hadir hanya 42 orang kemudian berkurang menjadi 40 orang setelah dua kali skors pada rapat tersebut.

Andai anggota dewan yang hadir 43 orang saja, itu sudah memenuhi kuorum.

"Untuk itu DPRD Sulsel tidak mengirimkan nama calon Pejabat Gubernur Sulsel sebagai pengganti gubernur," ucap Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari usai menutup Rapat Paripurna, Selasa (8/8) malam.

Dia mengatakan, rapat yang tidak memenuhi kuorum menjadi penyebab DPRD Sulsel tidak mangajukan usulan calon Pj gubernur.

"Kita melihat secara langsung bahwa rapat paripurna untuk pengumuman calon Pejabat Gubernur Sulsel yang akan diusulkan DPRD sampai akhir rapat paripurna tidak memenuhi kuorum," terangnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian mengirim surat ditujukan kepada Ketua DPRD provinsi di 10 daerah yang masa jabatan gubernur-wakil gubernur berakhir pada September 2023. Salah satunya kepada Ketua DPRD Sulsel.

Setelah melalui rapat yang tidak memenuhi kuorum, DPRD Sulawesi Selatan tidak mengajukan usulan nama calon Pj Gubernur Sulsel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close