Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tegas, Salim Segaf Sampaikan Ulama Melawan Kudeta PKI dan Menjaga Pancasila

Sabtu, 09 Oktober 2021 – 20:29 WIB
Tegas, Salim Segaf Sampaikan Ulama Melawan Kudeta PKI dan Menjaga Pancasila - JPNN.COM
Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al-Jufri dan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab. Humas PKS

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri menyebut peran ulama sangat vital di Indonesia. Ulama selain membidani lahirnya Pancasila juga ikut berjuang mempertahankan ideologi bangsa itu dari rongrongan penjajah dan paham lain seperti PKI.

Hal itu dikatakan Salim Segaf saat Bidang Pembinaan Pembangunan Keumatan dan Dakwah PKS menggelar diskusi virtual berjudul Peran Ulama Dalam Membela dan Mempertahankan Pancasila, Jumat (8/10) malam.

“Para ulama kita tidak hanya membidani lahirnya Pancasila. Sejarah telah mencatat bahwa para ulama berada pada garda terdepan saat mempertahankan Pancasila,” tutur Salim dalam keterangan persnya, Sabtu (9/10).

Salim Segaf menyinggung Resolusi Jihad tertanggal 22 Oktober 1945 yang dikeluarkan KH. Hasyim Asy’ari demi memperkuat narasi vitalnya peran ulama bagi Indonesia.

Resolusi itu yang kemudian membangkitkan semangat para pemuda di seluruh Indonesia, sehingga terjadi peritiwa pertempuran 10 November di Surabaya.

Wakil Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional itu juga mengatakan tidak hanya dalam membela ideologi Pancasila, para ulama juga berada di garda terdepan dalam melawan paham komunisme yang sempat tumbuh subur di Indonesia.

“Sejarah juga mencatat, bahwa para Ulama berada di garis terdepan saat ada upaya kudeta yang dilakukan oleh PKI. Para ulama tampil terdepan melawan upaya penggantian Pancasila menjadi komunisme saat itu,” kata Salim Segaf.

Dari situ, kata mantan Menteri Sosial RI itu, tidak tepat jika ada anggapan kaum muslimin keberatan dengan keberadaan Pancasila di Indonesia.

Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al-Jufri menyebut peran ulama sangat vital di Indonesia termasuk menginspirasi lahirnya Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close