Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teknologi AI di Depan Mata, Cak Udin: Pembangunan Harus Didasari Nilai Pancasila

Kamis, 01 Juni 2023 – 19:41 WIB
Teknologi AI di Depan Mata, Cak Udin: Pembangunan Harus Didasari Nilai Pancasila - JPNN.COM
Sekjen DPP PKB sekaligus anggota Komisi X DPR RI Hasanuddin Wahid. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB M Hasanuddin Wahid (Cak Udin) menyatakan teknologi Artificial Intelligence (AI) sudah di depan mata, bahkan tanpa disadari menyatu dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, kemajuan teknologi perlu disikapi dengan bijak dan pembangunan harus didasari oleh Pancasila

"Perkembangan teknologi tidak bisa kita hindari. Kuncinya adalah saling berkolaborasi dan bekerja sama untuk saling mengingatkan, menguatkan, dan menjalankan nilai-nilai Pancasila," kata Cak Udin dalam keterangannya, Kamis (1/6).

Pria yang menjabat sebagai Sekjen PKB itu juga menyebutkan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni seolah menjadi alarm pengingat bagi bangsa Indonesia tentang semangat kebangkitan bangsa Indonesia. 

Menurutnya, Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia itu menempatkan nilai-nilai luhur dan religius sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila lahir atas kesepakatan bersama yang menjadi panduan etis bagi seluruh elemen bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan yang kian dinamis," lanjutnya. 

Dia menegaskan, dari lima sila yang tertuang dalam Pancasila, benang merahnya adalah persatuan bangsa. Selain itu, makna Persatuan Indonesia dalam sila ketiga menunjukkan betapa pentingnya merawat persatuan dan kesatuan antarbangsa.

"Pancasila ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Benteng kita dalam hidup di dua alam, nyata dan maya, adalah Pancasila. Jangan lantas melepas nilai Pancasila di kehidupan kita, terutama dalam bermedia sosial," ujar pria kelahiran Kota Batu. 

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi PKB M Hasanuddin Wahid atau Cak Udin menyebutkan perkembangan teknologi perlu disikapi dengan bijak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close