Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Teknologi Ride-Hailing Beri Peluang Positif

Minggu, 18 Oktober 2020 – 08:05 WIB
Teknologi Ride-Hailing Beri Peluang Positif - JPNN.COM
Logo Grab. Foto: Grab

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat transportasi Muslich Zainal Asikin mengatakan, putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terhadap Grab hendaknya menjadi masukan bagi semua pihak untuk beradaptasi dengan perkembangan digital.

Menurutnya, perkembangan teknologi digital membawa disrupsi, baik dari sisi bisnis, ekonomi, dan ranah hukum.

“Mestinya semua pihak bisa memanfaatkan kehadiran perusahaan teknologi ride-hailing seperti Grab. Kehadirannya yang memberikan banyak peluang positif, maka kolaborasi dengan kehadiran platform-platform tersebut tentu akan makin mendorong kemajuan layanan transportasi Tanah Air,” ujar Muslich, dalam keterangan terulisnya, Sabtu (17/10).

Muslich menambahkan, regulasi selalu hadir dalam konteks ruang dan waktu tertentu dan di tengah perkembangan. Tidak tertutup kemungkinan regulasi harus beradaptasi.

“Jika tidak, maka regulasi terancam gagal memberi kepastian hukum sekaligus memfasilitasi perkembangan bisnis yang dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan putusan KPPU atas perkara dengan nomor 13/KPPU-I/2019 tersebut batal, karena tidak ada pelanggaran yang terjadi terkait integrasi vertikal dan diskriminasi sebagaimana dimaksud dalam undang-undang tersebut.

“Nah, dengan putusan PN Jaksel ini, kita semua perlu melihat lagi bagaimana semua pihak bisa beradaptasi,” ujar Zainal, yang juga Ketua Majelis Profesi Pengurus Pusat Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) ini.

Muchlis mengungkapkan, jika semua pihak melihat putusan ini sebagai masukan untuk beradaptasi, maka regulatory framework di sektor transportasi, khususnya di bidang ride-hailing, akan mampu mengoptimalkan potensi dari perkembangan teknologi.

loading...