Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Temui Bu Risma, Gubernur Sulbar Bahas Kepulangan Pekerja Migran Indonesia

Jumat, 18 Juni 2021 – 20:01 WIB
Temui Bu Risma, Gubernur Sulbar Bahas Kepulangan Pekerja Migran Indonesia - JPNN.COM
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menerima kunjungan Gubernur Sulawesi Barat membahas kepulangan pekerja migran Indonesia di kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021) Foto : Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mendatangi Kantor Kementerian Sosial (Kemensos) RI guna membahas kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia, Jumat (18/6).

Dia memperkirakan sebanyak 1.000 PMI yang akan dipulangkan pada bulan agustus.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengusulkan untuk langsung dipulangkan ke daerah masing-masing PMI, melalui koordinasi dengan pemerintah daerah terkait. 

"Pak Gubernur meminta bantuan kami, bagaimana menempatkan shelter (tempat penampungan), tapi saya kurang setuju, saya menyampaikan, nanti kita pesan dari luar warga Sulbar langsung dipulangkan ke asal daerahnya masing-masing," kata Risma.

Wanita yang mengantikan posisi Juliari Batubara itu menyebutkan dirinya akan menjadi mediator untuk memulangkan PMI ke daerahnya masing-masing.

Selain itu, Risma mengusulkan untuk memberdayakan para PMI di daerah masing-masing, agar mereka tetap bertahan dan tidak tertarik untuk kembali bekerja di luar negeri. 

"Kemudian pemberdayaan di daerah itu sehingga mereka tidak tertarik lagi untuk kembali ke sana," jelas dia.

Politikus PDIP itu meminta Gubernur Sulbar untuk melakukan komunikasi dengan Kedutaan Malaysia untuk mendapatkan data PMI yang akan pulang nanti.

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mendatangi kantor Kemensos membahas kepulangan pekerja migran Indonesia dari Malaysia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close