Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Teror Cuaca Ekstrem hingga Januari 2011

Selasa, 05 Oktober 2010 – 16:15 WIB
Teror Cuaca Ekstrem hingga Januari 2011 - JPNN.COM

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar Pemprov DKI Jakarta mewaspadai cuaca ekstrem yang bakal terjadi hingga Maret mendatang. Hujan lebat dan berpotensi menimbulkan angin puting beliung tersebut terjadi akibat ekspansi awan vertikal yang dipicu La nina, pemanasan temperatur laut serta aliran mata air dari Afrika ke Indonesia.

 

“Cuaca ekstrem harus diwaspadai lantaran bisa memicu kerawanan pangan,” ujar Kepala BMKG Sri Woro Budiyanti Harjono.Dari penelirian BMKG, pemanasan temperatur laut serta aliran mata air dari Afrika ke Indonesia diperkirakan akan terjadi hingga Januari 2011. Sementara fenomena La nina akan terus terjadi hingga Februari 2011. Diperkirakan mulai Maret kondisi akan berangsur normal kembali. Sehingga, selama enam bulan tersebut, setiap daerah diimbau untuk waspada. Terutama mengantisipasi ancaman bencana serta kerawanan pangan.

 

Di Jakarta, cuaca ekstrem bisa berpotensi menimbulkan banjir besar. Mengingat hujan dengan intensitas tinggi tidak hanya terjadi di kawasan hulu, tapi juga di Jakarta. Jika hujan di hulu menimbulkan banjir kiriman dengan meluapnya sejumlah kali, hujan lokal memicu terjadinya genangan di sejumlah tempat. Praktis, akan semakin banyak air yang antre untuk bisa dialirkan hingga ke laut.     

Akibat cuaca ekstrem itu juga, pada Minggu (3/10) lalu sempat menimbulkan angin kencang dan menumbangkan sejumlah pohon seperti di Jalan Arteri Pondok Indah arah Lebak Bulus serta di bawah jembatan Semanggi arah Slipi. Ranting dan dahan berguguran juga terjadi di Jalan Panjang dan perumahan Citra, Jakarta Barat. Bilboard di Jalan Terogong, Cilandak, Jakarta Selatan juga tumbang akibat hantaman angin kencang tersebut. Begitu juga banjir sempat terjadi di sejumlah wilayah. Seperti Gang Langgar, Petogogan, Kebayoran Baru, Kemang dan Pesanggrahan.

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar Pemprov DKI Jakarta mewaspadai cuaca ekstrem yang bakal terjadi hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close