Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tertibkan Kendaraan ODOL, Kapolda Sumsel Tempatkan 9 Personel Polri di UPPKB Kertapati

Kamis, 16 Mei 2024 – 21:21 WIB
Tertibkan Kendaraan ODOL, Kapolda Sumsel Tempatkan 9 Personel Polri di UPPKB Kertapati - JPNN.COM
Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo saat melakukan peninjauan di kantor UPPKB Kertapati Palembang. Foto: Humas Polda Sumsel for JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Albertus Rachmad Wibowo akan menempatkan sembilan personel Polri dari Polrestabes Palembang untuk bertugas di depan pintu masuk jembatan timbang. 

Hal itu dilakukan untuk membantu petugas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB) Kertapati yang bertugas mengawasi dan menindak kendaraan over dimension over loading (ODOL) yang belakangan ini menimbulkan dampak, seperti kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan kerusakan jalan. 

Irjen Rachmad menjelaskan bahwa sejatinya melalui teknologi weight in motion (WIM) yang dipasang di depan jembatan timbang, berat kendaraan dan muatannya sudah bisa diketahui.

Menurut dia, ketika kendaraan itu teridentifikasi melebihi beban sesuai kelas jalan, otomatis keluar petunjuk tulisan kendaraan misalnya BG nomor sekian agar masuk timbangan.

Namun, lanjut Rachmad, hal itu tidak ditaati karena ada sopir yang tidak tahu, pura-pura tidak mengetahui, serta ditambah lagi tak adanya petugas yang menjaga.

"Nah, solusinya apa? Solusinya kami bantu dengan menempatkan sembilan personel dari Polrestabes Palembang di sini. Personel dari Polrestabes kami tugaskan di depan pintu masuk untuk mengarahkan mobil itu masuk ke dalam (jembatan timbang)," kata Rachmad di Palembang, Sumsel, Kamis (16/5).

Jenderal bintang dua itu menambahkan personel yang ditempatkan di depan jembatan timbang itu akan dilengkapi alat untuk berkomunikasi dengan operator di UPPKB.

"Memberikan informasi  kendaran sesuai layar weigh in motion, (misalnya) truk panjang warna kuning emas masukkan ke dalam. Kemudian nanti yang di sini (jembatan timbang) juga ditempatkan anggota,” kata Rachmad.

Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo akan menempatkan 9 personel Polri dari Polrestabes Palembang di jembatan timbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close