Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Terungkap, Djoko Tjandra Lolos Dapat Surat Jalan dari Jakarta ke Pontianak

Senin, 13 Juli 2020 – 16:07 WIB
Terungkap, Djoko Tjandra Lolos Dapat Surat Jalan dari Jakarta ke Pontianak - JPNN.COM
Buronan kasus korupsi di Bank Bali, Djoko Tjandra. Foto: Antara/Ist

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengaku mendapatkan sebuah foto diduga surat jalan untuk Joko Soegiarto Tjandra atau Djoko Tjandra dari oknum salah satu instansi pemerintah.

Boyamin menjelaskan dalam surat perjalanan tersebut tertulis Joko Soegiarto Tjandra sebagai konsultan dan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dengan keberangkatan 19 Juni 2020 dan kembali 22 Juni 2020 .

“Angkutan yang dipakai adalah  pesawat,” kata Boyamin, Senin (13/7).

Boyamin mengaku bahwa foto tersebut belum dapat dipastikan asli atau palsu. Namun, Boyamin menegaskan pihaknya dapat memastikan sumbernya adalah kredibel, dan dipercaya.

“Serta kami berani mempertanggungjawabkan alurnya,” tegas Boyamin.

Dia menjelaskan soal oknum lembaga mana yang menerbitkan, pihaknya mengetahui dikarenakan foto awal terdapat KOP surat, nomor surat jalan dan pejabat yang menandatangani surat serta terdapat stempelnya. “Namun untuk asas praduga tidak bersalah dan mencegah fitnah maka kami sengaja menutupnya,” ujar Boyamin.

Dia menambahkan untuk memastikan surat jalan tersebut, MAKI akan mengadukannnya kepada Ombusdman RI guna data tambahan sengkarut perkara Joko Tjandra selama berada di Indonesia mulai 12 Mei 2020 hingga 27 Juni 2020.

“Yang mana Joko Tjandra telah mendapat KTPel, Pasport baru, mengajukan PK di PN Jaksel, mendapat status bebas dan tidak dicekal serta bisa masuk keluar Indonesia tanpa terdeteksi,”  kata dia.

Djoko Tjandra diduga mendapat surat untuk perjalanan dari Jakarta ke Pontianak dari oknum pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close