Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tiba-Tiba Kuburan Khusus Jenazah Covid-19 Retak, Amblas, Peti Mayat Itu

Rabu, 01 September 2021 – 12:37 WIB
Tiba-Tiba Kuburan Khusus Jenazah Covid-19 Retak, Amblas, Peti Mayat Itu - JPNN.COM
Pemakaman jenazah warga yang meninggal karena COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak sepuluh petak makam di Taman Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara, amblas. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta mengaku sudah merapikan.

"Yang baru-baru ini terjadi, terdapat sepuluh petak makam yang amblas di sisi timur, tapi kondisinya tidak parah dan petugas juga langsung merapikan petak makam tersebut," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati di Jakarta, Rabu.

Dia menyebutkan, pihaknya langsung bergerak cepat dalam mengantisipasi lahan makam amblas di TPU Rorotan tersebut dengan cara dilakukan pemadatan tanah.

Pengecekan secara rutin dilakukan untuk mengantisipasi lahan makam amblas.

"Setiap ada yang amblas, dengan segera kami rapikan kembali, langsung dipadatkan dan dibentuk petak makamnya," ujar Suzi.

Suzi menerangkan, amblasnya makam sering kali terjadi akibat peti jenazah yang sudah mulai lapuk. Karena itu, pihak Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta akan menambah dan memadatkan tanah di setiap petak makam.

Meskipun lahan makam adalah bekas rawa, tetapi sudah dilakukan pengurukan dan pemadatan tanah menggunakan alat berat sehingga potensi amblesnya kecil.

"Kami akan terus berupaya mengurangi kemungkinan potensi amblasnya tanah. Hal ini lumrah terjadi, bukan hanya pada pemakaman khusus COVID-19, tetapi juga pada pemakaman biasa, terutama yang menggunakan peti jenazah. Pengecekan lahan akan selalu rutin kami lakukan," kata dia.

Kuburan yang amblas merupakan untuk jenazah yang harus dimakamkan dengan protokol pemakaman COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close