Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Ada Industri Gagal Bayar

Rabu, 25 Februari 2009 – 07:46 WIB
Tidak Ada Industri Gagal Bayar - JPNN.COM
JAKARTA - Menteri Perindustrian Fahmi Idris membantah kalau ada industri yang gagal bayar (default) kredit perbankan akibat hantaman krisis finansial global. Meski mengaku sudah mendapat informasi mengenai hal itu, namun hingga kini belum ada laporan resmi dari perbankan ke Departemen Perindustrian (Depperin).

    

"Informasi itu kan belum jelas, sampai sekarang belum ada laporan resmi dari perbankan mengenai gagal bayar itu," ujar Fahmi usai membuka Diklat Konsultan Diagnosis IKM (Industri Kecil Menengah) di Depperin, Selasa (24/02). Dalam beberapa kasus, biasanya perbankan akan melapor dan meminta bantuan Depperin kalau ada industri yang gagal bayar.

    

Fahmi menegaskan, sejumlah industri yang dikabarkan gagal bayar ini belum jelas, apakah gagal dalam hal pembayaran bunganya atau cicilan pokoknya juga tidak dibayar. Kalaupun informasi itu ada, juga tidak dijelaskan sudah berapa lama gagal bayar tersebut, dan berapa nilainya. "Apakah ini baru terjadi tiga bulan enam bulan yang lalu, ataukah sudah tiga tahun," tukasnya.

    

Menurut dia, informasi gagal bayar itu justru akan merugikan industri tersebut, terutama saat krisis yang semakin parah. Sebab, perbankan akan berpikir ulang untuk mengucurkan kreditnya. Meski sudah mendapat informasi, namun Fahmi enggan merinci sektor apa saja yang diduga telah mengalami gagal bayar. "Informasinya bias, agak sulit memberikan tanggapan. Justru begini ini yang berbahaya," lanjutnya.

    

JAKARTA - Menteri Perindustrian Fahmi Idris membantah kalau ada industri yang gagal bayar (default) kredit perbankan akibat hantaman krisis finansial

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA