Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak Lewat Pemenuhan Pakan, Ganjar Creasi Dorong Ketahanan Pangan

Jumat, 10 November 2023 – 08:46 WIB
Tingkatkan Produktivitas Hewan Ternak Lewat Pemenuhan Pakan, Ganjar Creasi Dorong Ketahanan Pangan - JPNN.COM
Ganjar Creasi menggelar pelatihan budi daya dan pengolahan tanaman indigofera sebagai pakan ternak alternatif berkualitas tinggi di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Foto: Ganjar Creasi.

jpnn.com - BOJONEGORO - Generasi Alumni Muda Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Airlangga (Unair) yang tergabung dalam sukarelawan Ganjar Creasi (G-Creasi), ingin meningkatkan kualitas dan produktivitas hewan ternak melalui pemenuhan kebutuhan pakan.

Loyalis Ganjar Pranowo ini menggelar pelatihan budi daya dan pengolahan tanaman indigofera sebagai pakan ternak alternatif berkualitas tinggi. Pelatihan ini dimentori oleh Praktisi Pertanian dan Peternakan Gilang Ady Permana.

Kegiatan ini dilakukan di Kopi Bunda, Jalan Raya Kedungdowo, Desa Kedungdowo, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (9/11), menggandeng para peternak dan masyarakat umum.

Diketahui, pakan menjadi salah satu dari sejumlah faktor utama yang memengaruhi produktivitas hewan ternak.  Pemberian pakan yang tepat mampu meningkatkan kualitas ternak guna memenuhi kebutuhan gizi, produksi, dan reproduksi.

Namun, belakangan ini kendala yang sering dijumpai para peternak ialah sulitnya mendapati pakan hijauan,  seperti rumput, jerami, dan lain-lain akibat musim kemarau berkepanjangan, khususnya di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Wakil Koordinator Wilayah G-Creasi Jawa Timur Ahmad Anwar As Sidiq mengungkapkan pihaknya berupaya  mewujudkan swasembada protein hewani, khususnya daging sapi, sehingga ketahanan pangan masyarakat terpenuhi.

"Benar sekali, karena ada suatu idegium (adagium atau pepatah) yang mengatakan mati atau hidupnya bangsa ini tergantung dari keadaan pangan di bangsa tersebut," kata Anwar dalam keterangannya.

Menurut Anwar, indigofera merupakan jenis pakan hijauan dari kelompok leguminosa pohon yang memiliki ukuran sedang dan punya daya tahan terhadap kondisi kekeringan. Indigofera sangat cocok ditanam sebagai alternatif pakan ternak menghadapi musim kemarau.

Ganjar Creasi mendorong ketahanan pangan masyarakat. Salah satunya dengan peningkatan produktivitas hewan ternak lewat pemenuhan pakan berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close