Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tjahjo Beber Penyebab Guru Honorer Banyak Gagal di Tes PPPK 2021

Selasa, 21 September 2021 – 13:20 WIB
Tjahjo Beber Penyebab Guru Honorer Banyak Gagal di Tes PPPK 2021 - JPNN.COM
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengungkap penyebab guru honorer peserta tes PPPK 2021 banyak yang tumbang. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkap penyebab guru honorer peserta tes PPPK 2021 banyak yang tumbang. 

Menteri Tjahjo menegaskan bahwa penyebab utamanya ialah tingkat kesulitan soal tes PPPK guru 2021

Para penyusun soal tidak mempertimbangkan siapa saja peserta tes PPPK guru 2021 tersebut. 

Penyusun soal yang merupakan dosen-dosen dari konsorsium perguruan tinggi ternama di Indonesia, itu tidak memikirkan bahwa peserta tes mayoritas sudah sepuh.

"Kami menyadari kesulitan para guru honorer yang usia lanjut saat disodorkan butir soal yang panjang dan butuh daya nalar tinggi," kata Menteri Tjahjo dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin (20/9).

Menurut Tjahjo, wajar apabila banyak guru kesulitan menjawab karena dosen-dosen itu membuat soal sesuai permintaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendibudristek) demi mendapatkan pendidik berkualitas.

Selanjutnya, anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Hugua pun bertanya siapa sebenarnya yang bertanggung jawab atas penyusunan soal tersebut. 

Lantas, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa teknisnya ada di Kemendikbudristek.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyebutkan penyebab utama banyak guru honorer tidak lulus passing grade PPPK 2021 akibat materi soalnya sulit dikarenakan disusun oleh dosen-dosen konsorsium perguruan tinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close