Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

TKI Dilarang Bawa Jimat

Penempatan TKI ke Jordan Ditutup Selamanya

Minggu, 18 Desember 2011 – 19:36 WIB
TKI Dilarang Bawa Jimat - JPNN.COM
JAKARTA--Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  ke negara Jordania akan ditutup selamanya. Hal tersebut disebabkan karena perlindungan TKI di negara tersebut sangat minim dan upah TKI juga relatif sangat kecil serta zona negara itu dinilai terlalu jauh.

"Penempatan TKI ke Jordania tidak akan pernah saya buka lagi karena gaji dan perlindungannya tidak memadai," terang Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (Menakertrans) Muhaimin di Jakarta, Minggu (18/12).

Terkait dengan  90 persen kondisi Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS)  terancam bangkrut, Muhaimin menyarankan sebaiknya untuk sementara kalangan PPTKIS bisa mengalihkan negara penempatannya. "Itu akan ditata dan nanti akan kita ajak PPTKIS untuk mengalihkan negara penempatannya. Misalnya, dari negara Arab Saudi ke Malaysia. Hal ini akan kita rundingkan, untuk mencari cara agar ada solusinya," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Muhaimin mengatakan, bagi calon TKI yang  siap berangkat harus bisa menggunakan  bahasa dan mengerti hukum negara penempatan serta  memiliki ketrampilan. Selain itu, ujar Muhaimin, calon TKI harus siap secara mental, fisik dan kesehatan serta memiliki dokumen resmi yang dikeluarkan aparat pemerintah daerah.

JAKARTA--Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  ke negara Jordania akan ditutup selamanya. Hal tersebut disebabkan karena perlindungan TKI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA