Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tokoh Agama Ajak Elite Politik Perbaiki Hubungan Sebelum Ramadan

Senin, 11 Maret 2024 – 17:01 WIB
Tokoh Agama Ajak Elite Politik Perbaiki Hubungan Sebelum Ramadan - JPNN.COM
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. Foto: ANTARA/Katriana

jpnn.com, JAKARTA - Bulan Ramadan diharapkan bisa jadi momentum elite politik dan masyarakat untuk merajut kembali hubungan setelah sempat merenggang karena perbedaan pilihan politik pada Pemilu 2024. Ramadan harus jadi bulan untuk membersihkan jiwa.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengatakan tidak ada larangan berdebat selama Ramadan.

Namun, dia menekankan, pentingnya berdebat tetap dilakukan dengan santun, cerdas, dan tidak dimaksudkan sebagai permusuhan.

“Di dalam hadits disebutkan bahwa agar puasa seseorang sempurna dan diterima oleh Allah hendaknya dia menghindari perkataan yang memecah belah, menggunjing, dan kotor. Kritik dilakukan dengan kepala dingin, bukan dengan kepalan tangan atau kemarahan,” kata Mu'ti.

Menurut Mu'ti, Ramadan idealnya menjadi bulan Islam, yaitu bulan di mana secara spiritual seorang Muslim membersihkan jiwa dari segala dosa dan sifat-sifat tercela.

Hubungan antar sesama manusia yang selama Pemilu 2024 sempat rusak, harus diperbaiki.

“Ramadan adalah momentum kita melakukan islah sosial dengan memperbaiki hubungan sosial yang sempat koyak atau rusak, karena perbedaan sikap dan pilihan politik,” ujar Mu'ti.

Sebelumnya, usai mengumumkan awal puasa Ramadan 1445, Menteri Agama Yaqut Chalil Qoumas juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergandengan tangan usai menjalani kontestasi politik 2024. Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat untuk saling menginstrospeksi diri sendiri.

Hubungan antar sesama manusia yang selama Pemilu 2024 sempat rusak, harus diperbaiki terutama menjelang Ramadan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close