Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tonjolkan Kearifan Lokal dan Budaya Daerah, KIM Bertransformasi Menuju Digital

Kamis, 14 Oktober 2021 – 18:22 WIB
Tonjolkan Kearifan Lokal dan Budaya Daerah, KIM Bertransformasi Menuju Digital - JPNN.COM
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), sebagai mitra strategis pemerintah dalam upaya penyebarluasan informasi. Foto dok Kominfo

jpnn.com, BALI - Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Hasyim Gautama menuturkan transformasi digital melibatkan banyak aspek.

Salah satunya adalah perlunya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia.

Oleh karena itu, Kominfo terus melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam upaya proses transformasi menuju Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Digital.

“Tugas kami (Kominfo) mengupayakan agar bangsa ini dapat bertransformasi diri menuju masyarakat digital. Jadi tidak hanya HP saja yang smart, tapi orangnya juga harus smart,” ujar Hasyim dalam Bimtek KIM Seri Kedua yang diselenggarakan secara hybrid bertema Transformasi Menuju KIM Digital di Bali, Rabu (13/10).

Pada Bimtek sebelumnya, KIM telah dibekali dengan kemampuan teknis cara membuat konten foto dan video yang kreatif dan positif.

Hal ini menurutnya agar KIM dapat turut membanjiri internet dengan konten-konten positif. Upaya ini sekaligus bertujuan mengurangi peredaran berita bohong atau hoaks di internet.

Dia juga menekankan agar konten-konten yang diciptakan oleh KIM menonjolkan budaya dan kearifan lokal masing-masing daerah.

“Kita punya budaya masing-masing. Misal ada huruf Bali, ada huruf Jawa, yang merupakan aset budaya nasional dengan karakteristik dan kearifan lokal yang berbeda-beda. Nah dari situ saja kita sudah bisa menciptakan konten yang bervariasi dan menjadi keunggulan. Ini menjadi modal kita untuk bisa eksis dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita punya potensi yang berbeda karena banyaknya kearifan lokal,” tambahnya.

Kominfo terus melakukan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam upaya proses transformasi menuju KIM Digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close