Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Umat Islam Indonesia di Australia Antusias Menyambut Ramadan 1444 Hijriah

Rabu, 22 Maret 2023 – 23:47 WIB
Umat Islam Indonesia di Australia Antusias Menyambut Ramadan 1444 Hijriah - JPNN.COM
Jamaah Masjid Baitul Makmur di daerah Laverton, Melbourne, bersiap menyambut puasa Ramadan yang dimulai Kamis (23/03/2023).  (Istimewa)

Suara ibu-ibu terdengar riuh saling bersahutan di halaman depan bangunan masjid di kompleks pergudangan di daerah Coburg, Melbourne. Aneka makanan dan jajanan dijajakan untuk menggalang dana bagi kegiatan Ramadan tahun ini.

"Banyak kegiatan Ramadan atau lazim disebut Tarhib yang dilaksanakan pihak Surau Kita," ujar Novian Abu Bakar, takmir masjid tersebut, menjelaskan mengenai bazaar makanan pekan lalu.

Selain Surau Kita, ada dua center lainnya yang dikelola Indonesian Muslim Community of Victoria, yaitu Masjid Westall di daerah tenggara Melbourne dan Masjid Baitul Makmur di Laverton.

Semuanya telah mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan kegiatan Ramadan.

"Tahun ini kami mengundang dua orang ustadz dari Indonesia, yaitu Mokhamad Yahya dan Gun Gun Syihabuddin. Mereka akan mengisi kegiatan ceramah keagamaan," ujar Novian kepada Farid Ibrahim dari ABC Indonesia.

Takmir masjid Baitul Makmur, Andri Barliana, yang dihubungi secara terpisah menjelaskan pihaknya bahkan membentuk kepanitiaan khusus. 

"Masjid ini berdiri 10 tahun lalu dan telah mengantongi izin sebagai tempat ibadah sehingga banyak kegiatan Ramadan yang bisa kami lakukan," jelasnya.

Andri menyebutkan selain tarawih dan ceramah agama, pihaknya juga akan menggelar kegiatan lomba azan, kuliah tujuh menit (kultum) dan menghafal Al-Quran bagi kalangan generasi muda.

Ramadan telah tiba! Masjid-masjid yang dikelola warga Indonesia di Australia tak sabar menyambut umat Islam yang ingin beribadah selama bulan Ramadan tahun ini

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close