Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Uni Eropa Ancam Gugat Indonesia, Ini Jawaban Presiden Jokowi

Kamis, 12 Desember 2019 – 20:29 WIB
Uni Eropa Ancam Gugat Indonesia, Ini Jawaban Presiden Jokowi - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KARAWANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab ancaman Uni Eropa yang akan menggugat sejumlah kebijakan Indonesia ke organisasi perdagangan dunia (WTO). Jawaban itu disampaikannya saat memberi sambutan di acara peluncuran ekspor perdana Mobil Isuzu Traga, di PT. Isuzu Astra Motor Indonesia, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12).

Uni Eropa berencana menggugat kebijakan dagang RI ke WTO, salah satunya terkait pembatasan ekpor produk mineral yang menjadi bahan baku industri stainless steel di Uni Eropa, seperti nikel, bijih besi dan kromium.

Nah, dalam sambutannya di acara peluncuran ekspor Isuzu Traga tersebut, Jokowi mengatakan sudah bertahun-tahun ekspor Indonesia sangat tergantung pada komoditas. Contohnya sawit yang diekspor berupa CPO-nya, batubara diekspor mentah. Kemudian nikel juga dibawa keluar dalam bentuk raw material.

"Tak pernah kita dapatkan nilai tambah dari ekspor. Kalau otomotif sudah. Kita akan pindah ke komoditas lain supaya ekspor ke setengah jadi. Syukur-syukur barang jadi. Inilah hilirisasi, industrialsiasi dari barang mentah yang dimiliki," ucap Jokowi.

Hal itu menurut Presiden ketujuh RI ini, sudah dimulai pada bahan mineral seperti nikel yang dihentikan ekspor bahan mentahnya. Meskipun kebijakan tersebut terancam digugat ke WTO oleh Uni Eropa.

"Nikel sudah dimulai, industrialisasi, kita setop ekspor barang mentah nikel. Digugat ke WTO, enggak apa-apa kita hadapi. Kalau sudah digugat tak apa-apa. Jangan digugat terus grogi, enggak. Kita hadapi, karena memang kita ingin bahan mentah ini ada added valuenya," tegas Jokowi.

Ancaman Uni Eropa menggugat ke WTO tersebut tidak membuat suami Iriana ini keder. Karena dalam pandangannya, kalau ada industri yang terjadi dalam pemanfaatan sumber daya alam Indonesia, maka lapangan pekerjaan akan terbuka luas.

"Larinya ke situ. Bukan ke mana-mana. Untuk kepentingan nasional kita, apa pun yang diprotes negara lain akan kita hadapi. Enggak perlu ragu. Pak, ini digugat Eropa, ya hadapi," ucap mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab ancaman Uni Eropa yang akan menggugat sejumlah kebijakan Indonesia ke organisasi perdagangan dunia (WTO)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close