Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Universitas Bakrie Beri Dukungan Ibu-Ibu PKK untuk Produksi Pangan Bermutu & Bersaing

Sabtu, 27 Juli 2024 – 00:19 WIB
Universitas Bakrie Beri Dukungan Ibu-Ibu PKK untuk Produksi Pangan Bermutu & Bersaing - JPNN.COM
Mahasiswa Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie berkesempatan mendampingi kelompok PKK RW 02 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, untuk mengembangkan produk stik keju yang telah mereka miliki. Foto: supplied

jpnn.com, JAKARTA - Kampus sebagai salah satu lembaga pendidikan punya peran penting dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Lembaga pengabdian kepada masyarakat Universitas Bakrie menjadi motor bagi para akademisi agar bisa memberikan sumber daya dan membagi kepakaran yang dimiliki untuk berkontribusi nyata dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Pada kesempatan kali ini, Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie berkesempatan untuk mendampingi kelompok PKK RW 02 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, untuk mengembangkan produk stik keju yang telah mereka miliki.

Hal ini selaras dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020, di mana gerakan PKK menjalankan 10 program pokok, salah satu di antaranya adalah program pangan yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Setelah proses pendampingan selama sekitar dua bulan, Jumat, 26 Juli 2024, anggota PKK yang aktif memproduksi stik keju kembali mendapat pelatihan tentang pentingnya standar proses pengolahan, kemasan dan label dalam suatu produk pangan yang akan dikomersialisasikan.

Melalui proses pengolahan yang terstandar, pemilihan kemasan yang tepat dan penulisan label yang lengkap maka konsumen akan mendapat jaminan mutu dari produk tersebut.

“Mutu produk pangan yang berkualitas dan konsisten dapat dicapai melalui kepatuhan yang ketat terhadap proses kendali mutu. Upaya yang dapat dilakukan untuk hal tersebut adalah penggunaan alat-alat yang terstandar dan variabel proses pengolahan yang konsisten. Pemilihan kemasan juga harus disesuaikan dengan karakteristtik produk. Hal ini dilakukan agar kemasan mampu memperpanjang masa simpan dengan tetap mempertahankan mutu produk,” kata Ketua Tim Program Dr. Rizki Maryam Astuti.

Program ini juga melibatkan mahasiswa untuk bisa terlibat dalam proses desain kemasan dan pengujian mutu sensori produk.

Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie mendampingi kelompok PKK RW 02 Kelurahan Pancoran, Jakarta Selatan, untuk mengembangkan produk stik keju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA