Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Upaya Bea Cukai Maksimalkan Kinerja dan Penguatan Penegakan Hukum

Rabu, 15 September 2021 – 23:21 WIB
Upaya Bea Cukai Maksimalkan Kinerja dan Penguatan Penegakan Hukum - JPNN.COM
Bea Cukai menjalin sinergi antarinstansi seperti BNN Provinsi NTT dalam upaya penguatan penegakan hukum. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus memperkuat sinergi antarinstasi dengan berkoordinasi langsung melalui kunjungan kerja di beberapa wilayah, seperti dilakukan Kantor Bea Cukai Malang, Sumbagbar, Atambua, Banyuwangi dan Merauke.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan selain berkoordinasi, juga menjalin kerjasama di bidang pelayanan dan pengawasan, khususnya kepabeanan dan cukai.

Bea Cukai Malang misalnya, melakukan kunjungan ke Kejaksaan Negeri Kota Malang dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang untuk menjalin sinergi dan sebagai upaya memaksimalkan kinerja serta penguatan penegakan hukum, bertepatan dengan pencanangan gempur rokok ilegal.

Kunjungan serupa juga dilakukan Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Bagian Barat (Sumbagbar) ke Kantor Kejaksaan Tinggi Provinsi Lampung, sebagai bentuk kerjasama terkait penegakan hukum dan upaya mewujudkan proses penyelidikan dan penyidikan yang kolaboratif.

Sinergi melalui kunjungan juga dilakukan Bea Cukai Banyuwangi bersama Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) Banyuwangi untuk membahas isu-isu global yang sedang terjadi di Indonesia khususnya di Banyuwangi.

"Sebagai salah satu anggota Kominda, Bea Cukai Banyuwangi ingin meningkatkan sinergi dengan sesama anggota untuk meningkatkan pengawasan terhadap peredaran rokok ilegal dan barang terlarang lainnya, melalui pertukaran informasi yang valid dan aktual agar pengawasan dan penindakan dapat dilakukan dengan maksimal," jelasnya.

Dari wilayah perbatasan, kunjungan koordinasi dilakukan oleh Bea Cukai Atambua ke beberapa instansi, seperti BNN, Polda, Kantor Konsulat Timor Leste untuk Indonesia di Kupang, Ombudsman RI, dan Kantor Pajak Pratama Atambua.

Bea Cukai Merauke juga menyambut kedatangan Menkopolhukam Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang melakukan kunjungan Kerja ke Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

Bea Cukai terus memperkuat sinergi antarinstasi seperti yang dilakukan Kantor Bea Cukai Malang, Sumbagbar, Atambua, Banyuwangi dan Merauke.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close