Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Versi Rizal Ramli, Ekonomi Indonesia Tidak Genting Ketika UU Ciptaker Dibuat

Jumat, 28 Juli 2023 – 10:44 WIB
Versi Rizal Ramli, Ekonomi Indonesia Tidak Genting Ketika UU Ciptaker Dibuat - JPNN.COM
Rizal Ramli soal UU Ciptaker. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Begawan ekonomi Rizal Ramli menilai unsur kegentingan ketika pemerintah menerbitkan Perpu yang kemudian disahkan menjadi UU Cipta Kerja (Ciptaker) tidak memenuhi unsur.

Dia mengatakan itu saat hadir sebagai ahli dari pihak pemohon uji formil UU Ciptaker di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/7) kemarin.

"Faktanya, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020-2023 tercatat sekitar lima persen. Jelas, ekonomi tumbuh 4,5 hingga 5 persen itu tidak genting dan masih bisa diatasi dengan cara-cara inovatif,” kata Rizal saat sidang di MK, Kamis.

RR inisial beken Rizal Ramli mengatakan ekonomi di Indonesia masuk kategori genting jika pertumbuhan ekonomi minus.

Dia kemudian menyinggung Indonesia periode 1998 saat pertumbuhan ekonomi anjlok ke minus 12,5 persen.

"UU Cipta Kerja yang termaktub dalam intrumen omnibus law tak biisa dijadikan alasan dalam mengatasi kegentingan ekonomi. Itu terlalu mengada-ada dan membodohi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, RR dalam persidangan menyoroti alasan pemerintah saat membuat UU Ciptaker demi menyederhanakan peraturan, perizinan, hingga birokrasi yang ruwet.

Dia merasa pembuatan UU Ciptaker malah memperumit pelaku usaha kecil dan menengah dengan potensi aturan yang bertabrakan.

Begawan ekonomi Rizal Ramli merasa perekonomian Indonesia dalam keadaan baik-baik saja ketika UU Ciptaker dibuat pemerintah dan DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close