Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WALHI Catat Kerusakan Hutan di NTB Mencapai 60 Persen

Selasa, 29 Agustus 2023 – 06:03 WIB
WALHI Catat Kerusakan Hutan di NTB Mencapai 60 Persen - JPNN.COM
Aksi selamatkan hutan yang dilakukan Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) NTB di Kota Mataram belum lama ini. Foto: WALHI NTB for JPNN

jpnn.com, MATARAM - Baru-baru ini Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) membeberkan hasil investigasinya tentang angka kerusakan hutan.

WALHI mencatat kerusakan hutan di NTB saat ini telah mencapai angka yang sangat krusial, yakni 60 Persen dari total kawasan hutan 1.071.722 Juta hektare (Ha). 

"Dari hasil investigasi walhi NTB mencatat laju kerusakan hutan di NTB telah mencapai 60 persen dari luasan hutan di NTB," kata Direktur Walhi NTB Amry Nuryadin, Senin (28/8). 

Menurut Amry, jumlah kerusakan hutan NTB yang lebih dari setengah itu disebabkan beberapa faktor.

"Seperti aktfitas pertambangan, perambahan hutan dan alih fungsi lahan untuk kepentingan pembangunan pariwisata," ujarnya. 

WALHI NTB mencatat beberapa pembangunan yang berdampak penting bagi lingkungan hidup sehingga terjadinya kerusakan ekologi dan kehancuran ekosistem hutan di NTB. 

"Catatan kami ada Pertambangan PT AMNT yang berada di kawasan hutan (IPPKH) seluas 7000 Ha," imbuhnya. 

Selain itu, ada juga aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT STM memegang izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di Hu’u dompu dengan luas 19.260 hektar. 

WALHI NTB mencatat beberapa pembangunan yang berdampak penting bagi lingkungan hidup sehingga terjadinya kerusakan ekologi dan kehancuran ekosistem hutan di NTB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close