Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WALI: Penggunaan Teknologi Pembayaran Digital di Waralaba Sangat Masif

Selasa, 30 Juli 2024 – 12:10 WIB
WALI: Penggunaan Teknologi Pembayaran Digital di Waralaba Sangat Masif - JPNN.COM
Ilustrasi QRIS. Foto: Humas Bank BJB.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Ginting Supit menyebut pelaku bisnis waralaba sudah semakin masif menggunakan transaksi digital seperti QRIS.

"Menurut data kami sudah ada 80 persen pelaku usaha waralaba di Indonesia sudah pakai QRIS untuk pembayaran," kata Levita saat dihubungi.

Pelaku usaha yang dimaksud Levita lebih spesifik yang begerak di bisnis kuliner atau Food and Beverage (FnB), retail hingga jasa.

Levita mengaku dalam sebulan terakhir baru berkunjung ke Medan, Yogyakarta, hingga Manado.

Bukan hanya di kedua kota besar itu saja, Levita bahkan sudah berkunjung ke daerah Kawangkoan yang memakan jarak tempuh 8 jam dari pusat kota Manado dan menemukan para pelaku bisnis yang sudah menggunakan QRIS.

"Bukan hanya di Kota besar, itu di daerah yang jauh dari Kota Manado sudah menggunakan QRIS. Bukan cuma di rumah makan atau restoran besar, tapi di kios kecil, warung tradisional, toko oleh-oleh sudah pakai QRIS," ungkap Levita.

Levita menambahkan pelaku usaha yang ia temui di Sumut, Jateng hingga Sulut itu mengaku mendapatkan banyak keuntungan dari pembayaran di antaranya pencatatan lebih mudah, promosi yang bisa mengjangkau konsumen yang lebih luas, hingga transaksi yang lebih aman karena bisa memantau uang dalam jumlah besar masuk langsung ke rekening bank.

Namun, ia juga mendengar beberapa keluhan dari pelaku usaha yang masih belum mau menggunakan QRIS.

Pelaku bisnis waralaba kini sudah semakin masif menggunakan transaksi digital seperti QRIS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA