Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Kampanye Bersepeda 'Jelajah Bersih Negeri 2023'

Wamen LHK: HPSN 2023 Jadi Koridor Utama Berkolaborasi Bangun Pengelolaan Sampah

Jumat, 10 Februari 2023 – 06:48 WIB
Wamen LHK: HPSN 2023 Jadi Koridor Utama Berkolaborasi Bangun Pengelolaan Sampah - JPNN.COM
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong pada acara pelepasan Kampanye Bersepeda “Jelajah Bersih Negeri” 2023 di Bali, Rabu (8/2/2023). Foto: KLHK

jpnn.com, BALI - Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) berharap Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN 2023 menjadi koridor utama bagi kita semua untuk bergerak dan bekerja bersama berkolaborasi membangun pengelolaan sampah yang lebih baik.

Pemerintah dan Pemerintah Daerah dengan rambu-rambu governing procedure yang tepat sebagai suatu negara dan dengan sistem pemerintahan yang ada harus mendukung dan memfasilitasi upaya kolaboratif yang ada.

“Keterlibatan berbagai pihak dalam upaya pengelolaan sampah melalui multi stakeholder perlu kita tingkatkan, karena keberhasilan upaya pengelolaan sampah memerlukan kolaborasi program baik pusat, daerah, dunia usaha dan masyarakat,” ujar Alue Dohong ketika memberikan sambutan pada pelepasan Kampanye Bersepeda “Jelajah Bersih Negeri” 2023 di Bali, Rabu (8/2/2023).

Kegiatan Kampanye Sepeda ini merupakan salah satu bentuk kampanye inovatif yang ditujukan untuk memotret contoh praktik baik dalam pemanfaatan rantai nilai pengelolaan sampah.

Tim Pesepeda Jelajah Bersih Negeri akan melakukan perjalanan bersepeda yang dimulai dari Bali pada 8 Februari 2023 dan akan berakhir di Jakarta pada 19 Februari 2023.

Tim Kampanye Sepeda akan mengunjungi lokasi-lokasi terpilih di sepanjang jalur yang dilintasi untuk memotret berbagai inisiatif pengelolaan sampah yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah, swasta, serta kelompok swadaya masyarakat yang akan dirangkum dalam sebuah video dokumenter yang akan menjadi materi kampanye untuk mendorong semua pihak melakukan pengelolaan sampah yang baik.

Wamen LHK mengatakan sampah menjadi persoalan yang sangat serius dengan multi dimensi sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting dan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus sungguh diperlukan.

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2023 ini yang bertemakan “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”, KLHK akan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan.

Menurut Wamen LHK, Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN 2023 menjadi koridor utama bagi kita semua untuk berkolaborasi membangun pengelolaan sampah lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close