Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Warga Bantaran Rel akan Direlokasi

Kamis, 02 Juni 2011 – 10:42 WIB
Warga Bantaran Rel akan Direlokasi - JPNN.COM
JAKARTA - Warga yang tinggal di sepanjang tepi jalur rel kereta api akan direlokasi. PT KAI menargetkan pada 2011 mendatang tepi rel kereta api bebas dari hunian. Sebab selain membahayakan, keberadaan mereka membuat tepi rel terlihat menjadi kumuh dan menganggu perjalanan kereta api.

Senior Manager Security PT KAI, Akhmad Sujadi menegaskan tepi rel kerata api di Jabotabek bisa steril pada akhir 2011 ini. Saat ini pihaknya tengah menertibkan di sepanjang Senen-Jatinegara, tepatnya di Pasar Gapok. Diperkirakan dilokasi tersebut ada sekitar 200 orang. "Tapi lapak-lapak disekitar Pasar Gapok jiga harus ditertibkan lagi, sebab jika tidak dikhawatirkan akan kembali lagi," kata Sujadi, kemarin (1/6).

Sebelumnya PT KAI sudah menertibkan bangunan liar di bawah jalan layang kereta api antara Jakarta Kota-Jayakarta-Mangga Besar, pada Mei 2011. Agar tidak kembali dihuni, PT KAI meminta kepada Pemprov DKI untuk menata lokasi yang telah ditertibkan, seperti pembuatan sarana olah raga, penghijauan, atau lainnya. "Saat ini kami menunggu respon Pemprov untuk membiayai penataan. Kami hanya mengamankan infrastruktur kereta api. Kondisinya setelah ditertibkan masih kosong, warga pindah ke kontrakan," jelasnya.

Menurut Sujadi, relokasi warga di tepi rel kereta api tidak melulu ke rumah susun. Bisa saja bagi warga yang tidak memiliki KTP DKI dipulangkan ke daerah asalnya. Pihak PT KAI juga memfasilitasi kepulangan warga ke daerah asal bagi yang mau. "Tidak semua kita pulangkan. Kan tidak semua warga mau, ini suka rela jadi tidak dipaksakan," imbuhnya.

JAKARTA - Warga yang tinggal di sepanjang tepi jalur rel kereta api akan direlokasi. PT KAI menargetkan pada 2011 mendatang tepi rel kereta api bebas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA