Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Waskita Beton Precast Implementasikan Transformasi Digital 3D

Kamis, 13 Juli 2023 – 13:36 WIB
Waskita Beton Precast Implementasikan Transformasi Digital 3D - JPNN.COM
Tiang listrik beton yang diproduksi di Plant Sadang oleh Waskita Beton Precast. Foto dok WSBP

jpnn.com, JAKARTA - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berkomitmen berkontribusi dan mendukung program pemerintah untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia dengan pemanfaatan 3D BIM (building information modelling) WSBP.

3D BIM WSBP ini merupakan kumpulan model-model BIM dari produk precast milik perusahaan yang dapat digunakan oleh masyarakat secara luas, khususnya dalam merancang bangunan, di mana ini menjadi gambaran digital dari fisik bangunan yang akan dibuat.

Vice President of Corporate Secretary WSBP, Fandy Dewanto menyatakan digitalisasi ini merupakan bagian dari pilar ketiga Transformasi Bisnis perusahaan yaitu Technology & Digitalization.

“WSBP menjadi pioneer precaster lain di Indonesia yang belum memiliki sistem penyediaan model BIM produk-produk precast. Sehingga kami berpeluang menjadi leader dalam Web BIM Katalog di Indonesia,” ujarnya.

Seluruh implementasi 3D BIM WSBP ini didukung oleh Sertifikasi ISO 19650:2018-1 & ISO 19650:2018-2 Kitemark tentang Sistem Manajemen BIM yang diperoleh pada 2022.

Sertifikasi ISO BIM ini berfungsi sebagai pedoman atau standar terkait beberapa hal meliputi visualisasi proyek sebelum konstruksi, standar penamaan file, kontrol kualitas model, dan lain sebagainya.

Seluruhnya sesuai dengan standar untuk menjamin pelaksanaan manajemen informasi antar stakeholder (owner, kontraktor, subkontraktor) proyek yang rapi, efektif serta efisien.

Selain itu WSBP juga telah menggunakan sistem single source of data melalui common data environment (CDE) untuk mencegah adanya data yang sudah tidak berlaku terdistribusi secara tidak sengaja dan meringkas alur koordinasi antar stakeholder.

Dengan strategi, sertifikasi, dan best practice yang dilakukan, WSBP adalah vendor precast yang sudah siap berkolaborasi via BIM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close