Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Wayan Koster Ingin Tekan Impor Gemitir dari Thailand yang Angkanya Sebegini

Selasa, 08 Agustus 2023 – 14:01 WIB
Wayan Koster Ingin Tekan Impor Gemitir dari Thailand yang Angkanya Sebegini - JPNN.COM
Gubernur Bali I Wayan Koster di Tabanan, Bali, Selasa (8/8). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, TABANAN - Gubernur Bali I Wayan Koster meresmikan varietas Marigold atau Gemitir Bali berjenis oranye, kuning, emas, putih, dan merah yang dinamakan Sudamala di Desa Antapan, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali, Selasa (8/8).

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria, dan akademisi serta peneliti dari Universitas Udayana turut hadir dalam peresmian varietas Gemitir Bali Sudamala.

Koster berharap impor benih Gemitir dari Thailand bisa berhenti setelah peresmian varietas baru untuk tanaman yang sama. 

Dia kemudian membeberkan nilai impor benih Gemitir dari Thailand mencapai Rp 30 Miliar pertahun.

“Dengan adanya ini, enggak perlu lagi impor dari Thailand dan kedua tidak kehilangan uang Rp 30 miliar untuk petani luar,” kata Koster setelah meresmikan varietas baru Gemitir, Selasa.

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Bali itu mengatakan benih baru Gemitir hasil pengembangan akan dibagikan secara gratis pada awalnya. 

Selanjutnya, kata Koster, benih akan dijual oleh para penyemai dengan harga yang jauh lebih murah dari bibit asal Thailand.

"Ini saya kira bagus sekali perputaran ekonomi bunga Gemitir di Bali,” kata Koster.

Gubernur Bali I Wayan Koster menyebut penemuan varietas baru marigold bisa menekan angka impor benih Gemitir dari Thailand.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close