Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WHO Umumkan Persebaran Virus Corona Sebagai Darurat Internasional

Jumat, 31 Januari 2020 – 07:16 WIB
WHO Umumkan Persebaran Virus Corona Sebagai Darurat Internasional - JPNN.COM
Wabah virus corona yang menghantui Wuhan Tiongkok. Foto : AFP

jpnn.com, JENEWA - Wabah virus corona sudah menyebar ke 18 negara. Karena itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah virus corona yang berawal di China itu sebagai darurat kesehatan.

Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, mengumumkan keputusan itu Kamis (30/1), setelah sidang Komisi Darurat.

Dalam konferensi pers di Jenewa itu, Tedros mengatakan, pekan-pekan belakangan ini memperlihatkan sebuah persebaran yang luar biasa yang dihadapi dengan tanggapan yang luar biasa.

"Izinkan saya menjelaskan, pengumuman ini bukan merupakan pemungutan suara tanpa kepercayaan di China," katanya, Kamis (30/1).

"Keprihatinan terbesar kami adalah potensi virus itu menyebar ke negara-negara dengan sistem kesehatan yang lebih lemah," ujarnya.

Panel WHO, yang diketuai Didier Houssin dari Prancis, terdiri atas 16 para ahli independen.

Dua pekan lalu para ahli itu mereka masih menunda keputusan itu. Namun melihat perkembangannya yang makin menggila dan telah ditemukan penularan antar manusia, menurut organisasi telah terpenuhi kriteria untuk menyatakan darurat global.

Deklarasi darurat global mendorong rekomendasi bagi semua negara berupaya mencegah atau mengurangi penyebaran penyakit lintas batas, seraya menghindarkan campur tangan yang tak perlu dalam perdagangan dan perjalanan.

WHO dapat meminta pemerintah untuk memberikan pembatasan setiap perjalanan dan perdagangan yang mereka terapkan dalam kejadian darurat internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close