Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

WN Filipina Ini Masuk NTT Melalui Jalur Tikus, Tim Intelijen Bertindak

Sabtu, 05 Februari 2022 – 22:47 WIB
WN Filipina Ini Masuk NTT Melalui Jalur Tikus, Tim Intelijen Bertindak - JPNN.COM
Tim inteldakim imigrasi Maumere saat mengamankan WN Filipina yang masuk ke Flores tanpa dokumen resmi.ANTARA/Ho-Imigrasi Maumere

jpnn.com, KUPANG - Tim intelijen dan penindakan Kantor Imigrasi Klas II TPI Maumere, Kabupaten Sikka, NTT menangkap seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Filipina berinisial RLA.

WN Filipina itu ketahuan masuk ke wilayah NTT melalui jalur tikus dan tinggal di Kelurahan Olakile, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo.

"WN Filipina itu diamankan di Kelurahan Olakile, karena tinggal di daerah itu tanpa dokumen keimigrasian sejak Juli 2021," kata Kepala Kantor Imigrasi Klas II TPI Maumere Eko Julianto Rachmad, Sabtu.

Dia menerangkan WN Filipina itu masuk ke Indonesia melalui jalur tikus di daerah Nunukan sejak Juni 2021 lalu. Dia datang ke Nagekeo karena mengikuti istri dan anaknya.

Eko menyebut RLA diamankan oleh pihak tim intelijen dan penindakan Imigrasi Maumere, karena pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa WN Filipina itu ingin menyerahkan diri kepada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Maumere.

"Akhirnya tim langsung menuju ke lokasi untuk menjemput dan mengamankan yang bersangkutan," ucapnya.

Sesuai dengan arahan pejabat Kanwil Kemenkumham NTT, WN Filipina itu akan segera diproses sesuai prosedur dan dilakukan koordinasi dengan pihak kedutaan.

WN Filipina itu dikenakan Pasal 75 Ayat (1) dan (2) UU tentang Keimigrasian karena tidak menaati peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Tim intelijen dan penindakan Kantor Imigrasi Maumere amankan WN Filipina yang masuk Flores melalui jalur tikus dan menetap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close